• Berita Terkini

    Selasa, 24 Mei 2022

    Bupati Peduli UMKM, Kerja Nyata Mempercepat Pemulihan Ekonomi Nasional


    Menjelang lebaran Idul Fitri 1443 H kemarin, Bupati Kebumen, H. Arif Sugiyanto, SH, sempat viral dengan aksi simpatiknya memborong semua produk UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) hingga mencapai angka pembelian Rp 300 juta. 


    Melalui akun Facebook pribadinya tanggal 27 April 2022, Bupati Arif menulis status, “Produk UMKM dapat disahre foto kesini. Segera. Terimakasih”.

    Status Bupati tersebut disambut antusias warga Kebumen, lebih dari 680 komentar netizen yang segera mengirim foto produk UMKM mereka.


    Di luar dugaan, ternyata Bupati memborong semua produk yang mereka tawarkan, terutama jenis kue dan makanan kering. Pada status tanggal 28 April 2022 Bupati Arif bahkan menyertakan nomor Whatsapp untuk menawarkan produk UMKM dari masyarakat, “Mborong produk UMKM Kebumen.

    Bupati memborong hasil karya masyarakat, hingga ke desa-desa, stok habisss ludessss. Yang masih punya produk UMKM makanan dapat langsung WA ke Bupati. Terimakasih. ……”.

    Produk-produk tersebut lantas dikemas dalam bentuk parcel lebaran untuk kemudian dibagi-bagikan kepada masyarakat Kebumen, seperti para guru, tokoh masyarakat, anggota TNI POLRI yang bertugas pengamanan lebaran dan lainnya. Ada sekitar 1000 paket parcel yang dibagi-bagikan Bupati kepda warganya. Aksi ini tentu membuat heboh masyarakat, terutama mereka yang beruntung diborong habis dagangannya. Rasa haru dan terimakasih tulus diungkapkan masyarakat, baik yang dibeli daganganya maupun yang mendapat parcel lebaran. Betul-betul lebaran penuh berkah.


    Aksi borong produk UMKM ini hanya sebagian kecil dari tindakan Bupati Arif Sugiyanto dalam mengembangkan pelaku UMKM di Kebumen. Pasca pendemi COVID-19, pemerintah Kabupaten Kebumen dibawah kepemimpinan Bupati Arif Sugiyanto memprioritaskan sektor UMKM untuk mempercepat pemulihan sekonomi nasional. UMKM terbukti merupakan pilar utama kokohnya perekonomian Indonesia. Juga menjadi faktor penting untuk meningkatkan pendapatan dan

    kesejahteraan masyarakat.


    Langkah-langkah Bupati, baik yang dilakukan secara spontan maupun terprogram, membuktikan kepedulian dan keseriusannya dalam mewujudkan UMKM Kebumen yang kuat dan berdaya saing global. Puncaknya adalah gelaran Kebumen International Expo yang akan digelar pada 25 Juni – 2 Juli 2022 di sekitaran kawasan alun-alun Kebumen. Bupati bersama Wakil Bupati dan jajaran telah melakukan sosialisasi yang dihadiri oleh para Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah) terkait, kalangan pengusaha, para pelaku UMKM dan awak media. Kegiatan sosialisasi ini digelar di pendopoKabumian pada Senin malam, 23 Mei 2022.


    Inilah beberapa aksi simpatik Bupati untuk mendorong bangkitnya dunia UMKM Kebumen sebagai bagian dari kerja nyata dalam rangka mempercepat pemulihan ekonomi nasional.

    Aksi Borong Produk UMKM

    Pembelian produk UMKM ini dibagi menjadi dua: pertama yang melibatkan unsur OPD, kedua diborong langsung oleh bupati. Dari unsur OPD jumlah pembelian senilai Rp157,7 juta. Jumlah paket atau parcel yang disediakan ada 780 paket. OPD yang membeli produk UMKM, yakni dari 54 dinas, 13 perbankan, 30 orang pribadi, 3 rumah sakit, dan 3 lembaga swasta BUMN. Parcel lebaran ini diperuntukkan untuk para staf, pegawai dan masyarakat.


    Pembelian produk UMKM dari bupati selanjutnya dibagikan ke guru, kepala sekolah, pengawas, alim ulama, ibu-ibu PKK, dan masyarakat lain dengan nilai satu parselnya seharga Rp 200 ribu. Arif bersyukur, Lebaran tahun ini pihaknya bisa menyerap produk UMKM bahkan sampai kehabisan barang.

    Free Endorse Produk UMKM

    Secara rutin, Bupati Arif Sugiyanto meng-endorse (memberi dukungan) secara gratis pada produkproduk UMKM yang dihasilkan warga. Dalam akun Facebook pribadinya, Bupati Arif secara berkala memperkenalkan produk hasil karya para pelaku UMKM. Dalam tayangan rekaman video maupun siaran langsung, Bupati tidak sungkan untuk mempromosikan produk makanan ringan, minuman kesehatan, dan lainnya. Bahkan tidak jarang beliau mencicipi dan memberikan apresiasi secara

    langsung.

    Seperti pada unggahan 25 April 2022, di akun Facebook pribadinya, Bupati Arif memperkenalkan Kopi Sadewa, kopi khas Kebumen dari Kedunggong Sadang. Pada 9 Februari 2022, Bupati secara langsung mempromosikan produk makanan olahan Nyonk Bakery dari Wonosari. Bupati juga sering mengunjungi sentra-sentra produksi dan pembudidayaan produk UMKM, seperti buah durian, buah kelengkeng di Lembupurwo Mirit dan sebagainya.


    Banyak sekali produk UMKM Kebumen yang di-endorse secara gratis oleh Bupati Arif dan ditayangkan di berbagai platform media sosial. Apa yang dilakukan oleh Bupati tentu memberikan dampak besar pada perkembangan usaha masyarakat, jadi lebih dikenal dan tentu menarik lapisan masyarakat lain untuk ikut mencoba dan mencicipi.

    Menggelar Lomba Ekonomi Kreatif UMKM

    Selama bulan Ramadhan 1443 H, Bupati Arif juga menggelar Perlombaan Ekonomi UMKM. Kegiatan ini juga ditayangkan melalui akun Facebook pribadinya. Foto dan video kreatif dari masyarakat terkait pengembangan UMKM diposting dalam akun pribadi Bupati, kemudian video dengan like dan komentar terbanyak ditetapkan sebagai juara.

    Kegiatan ini tentu memberi motivasi kepada pelaku UMKM maupun YouTuber untuk berlomba merekam aksi kreatif para pelaku UMKM yang dilakukan secara individu maupun berkelompok. Beberap konten kreatif seperti bazar Ramadhan, pasar tradisional, geliat pasar tiban Ramadhan dan bazar UMKM lainnya diposting dalam akun Facebook Bupati.

    Fasilitasi Ijin Produk dan Label Halal

    Sebagai bentuk dukungan terhadap para pelaku UMKM, pemerintah Kabupaten Kebumen juga memfasilitasi pemberian izin produk secara gratis untuk tingkat kabupaten sekaligus memfasilitasi pemberian label Halal MUI bagi setiap produk-produk mereka.

    Bupati Arif menegaskan, ini perlu dilakukan agar produk mereka lebih diakui, punya lisensi, dan bisa dipasarkan lebih luas dengan jaminan keamanan dan kehalalannya. Dia juga siap untuk mengajak para pelaku UMKM agar menjual hasil produknya di ajang Kebumen International Expo yang akan diadakan

    pada akhir bulan Juni mendatang.

    Bazar Ramadhan Dadakan

    Ini dilakukan oleh Bupati Arif Sugiyanto secara spontan. Saat itu Bupati dalam perjalanan menuju Bandara NYIA (New Yogyakarta International Airport) untuk menunaikan ibadah umrah Ramadhan.

    Rombongan Bupati melintasi jalan depan kantor Kecamatan Buluspesantren, melihat deretan pedagang kaki lima sepanjang jalan depan kantor kecamatan, menimbulkan kemacetan dan rawan terjadi kecelakaan.

    Segera Bupati Arif menelepon Camat Buluspesantren, “Pak Camat, mohon pedagang yg berjualan depan kantor kecamatan, dipersilahkan menggunakan area lapangan kecamatan". Alhamdulillah,kerja cepat Camat & Jajaran bersama Danramil & Kapolsek, Kerja Kompak untuk Rakyat. Pedagang nyaman berjualan. Pembeli aman, tanpa was was spt sebelumnya krn tepi jalan yg ramai. Terimakasih atas kerja nyata untuk masyarakat. Aksi ini terdomentasi dalam postingan video akun Facebook Bupati

    pada tanggal 12 April 2022.


    Aksi spontan Bupati menunjukkan kepedulian pada para pedagang sehingga dapat berdagang dengan nyaman dan aman tanpa menimbulkan kemacetan dan bahaya kecelakaan.

    Endorse Obyek Wisata dan Event Masyarakat

    Bupati Arif bersama jajaran Forkompimda juga acapkali mengunjung obyek-obyek wisata, baik dalam rangka dinas maupun acara santai, misalnya dengan olahraga bersepeda. Dalam kunjungan tersebut,

    Bupati beserta rombongan tidak hanya sekedar berwisata, mereka tentu berbelanja produk UMKM,memberi arahan dan bimbingan pada para pedagang, dan yang pasti mempromosikan melalui siaran langsung di akun Facebook-nya.

    Seperti yang dilakukan di Pantai Setrojenar pada momen lebaran kemarin, Bupati melakukan klarifikasi dan meluruskan postingan negative terkait harga makanan di kawasan obwis pantaitersebut. Di Pantai Lembupurwo, Bupati berkenan naik seekor sapi jantan untuk mempromosikan

    paket wisata unik, yaitu Festival Lembu yang dapat dinaiki oleh pengunjung.

    Di wisata Kali Ratu Tegalretno, Bupati bersama Forkompimda melepas ratusan anakan tukik (semacam penyu) dan menetapkan sebagai kawasan konservasi. Di Pantai Ayah, Bupati menghadiri dan mengendorse kegiatan Festival Logending sebagai even rutin masyarakat untuk meningkatakan kunjungan wisata. Bahkan beberapa kali, Bupati menggelar rapat bersama OPD di kawasan obwis, seperti diJembangan.

    Revitalisasi Pasar Tradisional

    Bersama jajaran OPD terkait dan jaringan pemerintah provinsi serta pusat, Bupati Arif juga membenahi pasar-pasar tradisional. Bangunan fisik ditata dan diperbaharui sehingga layak dan nyaman. Tata kelola dan jajaran manajemen pasar juga dirombak dan disegarkan. Kasus pungli (pungutan liar) di pasar pagi kawasan Pasar Tumenggungan diselesaikan dengan cepat dan tegas. Bupati tidak segan mencopot pejabat yang tidak kompeten dan menyalahgunakan wewenang,menyia-nyiakan amanah.

    Penataan juga dilakukan dalam cluster-kluster, seperti pasar Koplak, pasar hewan dan kawasan pusat keramaian seperti alun-alun kota Kebumen dan sekitarnya. Bupati bertekad menjadikan kawasan yang tidak produktif menjadi kawasan yang hidup secara ekonomi dan mendorong bangkitnya UMKM yang

    membuka usaha disana.

    Kebumen International Expo

    Ini adalah salah satu puncak dari kepedulian Bupati Arif untuk mendorong kebangkitan UMKM Kebumen, yaitu menggelar even berskala internasional yang diberi nama Kebumen International Expo.Even ini akan digelar pada 25 Juni hingga 2 Juli 2022 mendatang. Tidak hanya produk UMKM yang akan ditampilkan, juga akan ada pertunjukan seni budaya unggulan Kebumen, bahkan mengundang artis-artis ibukota untuk memeriahkan even tersebut.Bupati bersama jajaran OPD terus melakukan sosialisasi dan persiapan untuk kesuksesan acara yang abru pertama kali digelar Kebumen.

    Semua pihak tentu ditunggu partispasi aktifnya untuk mendukung kelancaran dan kesuksesan acara.Bangkitnya UMKM merupakan kunci utama pulihnya ekonomi nasional dan meningkatnya kesejahteraan masyarakat. 

    Penulis:  Ketua Perkumpulan UMKM Kebumen


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top