• Berita Terkini

    Senin, 29 Januari 2024

    Ratusan Siswa TK Aisyiyah Kebumen Ikuti Manasik Haji


    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Sebanyak 637 peserta didik dari 22 kelompok bermain dan TK Aisyiyah se-Kabupaten Kebumen mengikuti peragaan manasik haji di SD Muhammadiyah Kebumen, Sabtu (27/1). Kegiatan dalam rangka menumbuhkan kecintaan terhadap rukun Islam kelima kepada anak anak usia dini itupun berlangsung semarak


    Peragaan manasik haji ini, diawali dari para peserta didik berjalan dari halaman SD Muhammadiyah dengan berjalan kaki sambil melantunkan lafal "Labbaik Allahumma labbaik. Labbaik laa syarika laka labbaik. Innal hamda wan ni'mata laka wal mulk laa syarika lak,". Kemudian, dengan arahan para guru dan pendamping, mereka berjalan ke halaman SMA Muhammadiyah Kebumen. 


    Di tempat itu, anak-anak diajak memperagakan tata cara berhaji mulai dari Wukuf, Mabit, melontar Jumrah, Tawaf dan Sa’i dan hingga Tahalu. Para peserta bimbingan dari Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umroh (KBIH) Aisyiyah Kebumen. Tak terkecuali para wali murid juga terlihat mengabadikan momen tersebut.

    Pimpinan Daerah Aisyiyah Bidang Pendidikan Dasar dan Menengah (PDA Dikdasmen) Kebumen, Siti Nurjanah, melalui Ketua Panitia Kegiatan, Esti Rahayu mengatakan, kegiatan peragaan Manasik Haji ini merupakan program tahunan dari Pimpinan Daerah Aisyiyah Kebumen yang dilaksanakan oleh bidang Dikdasmen. Kegiatan ini diikuti dari 22 KB dan TK Aisyiyah di wilayah kebumen timur.

    "Kegiatan ini merupakan kegiatan dan program tahunan PDA Kebumen, untuk di lokasi SD Muhammadiyah ini untuk wilayah kebumen timur diikuti sebanyak 637 peserta didik dan 22 TK dan KB Aisyiyah se Kabupaten Kebumen," katanya didampingi Ketua Paguyuban wali siswa SD Muhammadiyah Kebumen, Fatimah Mirza.

    Sementara itu, Esti Rahayu, berharap melalui kegiatan ini  menjadi bekal mereka dan menambah keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT. "Dengan bekal ini semoga saat dewasa nanti mereka dapat menunaikan rukun islam ke lima ini dan dapat menuju ke Makkah saat dewasa nanti," katanya. (fu


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top