• Berita Terkini

    Selasa, 01 Maret 2022

    Kepala MTsN 4 Raih Penghargaan Bidang Literasi


    KEBUMEN(kebumenekspres.com)-Kepala MTs Negeri 4 Kebumen H Mahmudin SPd MAg mendapat penghargaan sebagai Kepala Sekolah Berprestasi di Bidang Literasi. Ini berdasarkan Keputusan Dewan Yuri Penyelenggara Festival Literasi Kebumen 2021 yang puncak acaranya telah dilaksanakan di Hotel Mixolie, baru-baru ini.


    Semangat membaca dan menulis untuk para guru dan peserta didik di MTs Negeri 4 Kebumen memang menjadi program prioritas. Mahmudin memang merupakan Kepala Madrasah yang memiliki hobi membaca dan menulis sejak kecil. 


    “Program Focus Group Discussion (FGD) bagi para guru dalam semua rumpun merupakan mimbar akademik untuk berdiskusi dan menyajikan berbagai hal terkait dengan pendidikan dan penguatan literasi. Ini yang selalu menjadi ciri khas madrasah yang saya pimpin,” tutur Mahmudin. Sebelumnya, pihaknya juga pernah meraih penghargaan sebagai Kepala Madrasah The Best Favorite Islamic School  of The Year dari Indonesia Achiever Centre dalam School Challenges Award. Kala itu Mahmudin masih menjabat sebagai Kepala MAN 2 Kebumen.  


    Semenjak menjadi Kepala Madrasah sejak 2015-2022, disetiap tempat bertugas termasuk di MTs Negeri 4 Kebumen, Mahmudin selalu fokus pada membangun SDM unggul yang kuat literasinya. 


    "Atmosfir pendidikan yang baik yang meniscayakan seluruh warganya memiliki rasa cinta untuk membaca dan menulis. Sehingga madrasah harus hadir memberikan fasilitas untuk kuat berliterasi,” ungkapnya di sela sela agenda kegiatan apresiasi dan pemberian penghargaan kepada 50 siswa MTs Negeri 4 Kebumen yang karya puisinya telah dinyatakan lolos dan dibukukan menjadi buku berjudul Antologi Puisi MTsN 4 Kebumen Selaksa Cinta untuk Negeri.

    Sebagai Kepala MTs Negeri 4 Kebumen, pihaknya juga sangat mendorong para guru dan pegawai untuk terus meningkatkan literasinya. Ini baik dengan belajar formal melanjutkan kuliah ke jenjang studi lanjut S2 atau S3 atau aktif dan terus membaca berbagai sumber pengetahuan. Selain itu juga aktif menulis dan jangan berhenti belajar dalam berbagai situasi dan kondisi apapun.


    “Selain karya siswa berupa puisi diatas, ada banyak  artikel guru dan  puisi guru yang dinyatakan lolos, ini sangat menggembirakan kami, dan menjadi penyemangat bagi civitas akademik untuk terus berprestasi di bidang literasi,” ungkapnya.


    Selain penghargaan sebagai Kepala Berprestasi di bidang literasi, MTs Negeri 4 Kebumen yang dinakhodai Mahmudin juga meraih penghargaan sebagai Sekolah Aktif Literasi Nasional 2021 dalam Puncak Festival Literasi Kebumen. Ini karena selain mampu menghasilkan 50 puisi karya siswa, juga ada 20 artikel guru dan 5 puisi guru dinyatakan lolos dalam seleksi ajang Festival Literasi Kebumen 2021 yang dilaksanakan sejak Agustus tahun lalu.(mam)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top