• Berita Terkini

    Selasa, 23 Mei 2023

    Formasi Menjadi Tuan Rumah Munas Ke 10 Fitra


    KEBUMEN(kebumenekspres.com)-Forum Masyarakat Sipil (Formasi) Kebumen menjadi tuan rumah hajatan Musyawarah Nasional (Munas) ke 10 Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran yang lebih dikenal Fitra. 


    Gawe besar digelar mulai 22 Mei hingga 25 Mei 2025 akan dipusatkan di Hotel Mexoli Kebumen. Acara tersebut diisi beberapa kegiatan mulai dari ceremony pembukaan, wisuda Sekolah Desa dan Anggaran FORMASI dan seminar Nasional serta kegiatan diskusi /rapat intern peserta Munas. 

    Rangkaian kegiatan Munas X akan diakhir dengan pemilihan Sekretaris Jenderal dan Dewan Nasional FITRA Periode 2023-2026.


    Dewan Presidium Formasi Yusuf Murtiono selaku Koordinator Panitia Daerah Munas X Fitra menjelaskan pembukaan Munas X, Wisuda, dan Seminar Nasional akan dilaksanakan pada hari ini (23/5) dipusatkan di Pendopo Kabumian Rumah Dinas Bupati Kebumen.  


    Acara yang mengambil tema “Membangun Desa, Menjaga Bumi, Menjamin Kesejahteraan”, rencananya akan dihadiri oleh Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI sebagai pembicara kunci, Direktur Jenderal Pembangunan Desa dan Perdesaan Kementerian Desa, Bupati Kebumen, Ketua Dewan Nasional FITRA, Sekretaris Jenderal FITRA dan Anggota FITRA seluruh Indonesia serta para tamu undangan lainnya.


    “Sementara Wisuda Sekolah Desa dan Anggaran (SADAR) merupakan agenda rutin FORMASI setiap selesai menyelenggarakan proses pembelajaran komunitas. Ini guna peningkatan kapasitas tentang tata kelola Desa bagi Kepala Desa, Perangkat Desa, BPD dan masyarakat Desa. 


    Disampaikan juga, pada Wisuda kali ini adalah Angkatan ke 10 yang diikuti sekitar 30 peserta dari berbagai Desa di Kebumen. Dalam hal ini telah menyelesaikan 3 tema besar. Adapun materi pembelajaran yakni Desa dan Gerakan Revolusi Mental, Desa dan Keterbukaan Informasi Publik, dan Membangun Desa Anti Korupsi. 

    “Seluruh materi tersebut dilaksanakan hampir selama 1 tahun yang dimulai bulan April 2022 ditutup dengan Ngaji  Puasanan SADAR X,” katanya. 

    Disampaikan pula dalam acara pembukaan Munas, Wisuda SADAR, dan Seminar Nasional FORMASI,  mengundang Bupati Kebumen sebagai Nara Sumber. Sedangkan peserta yang diundang terdiri dari Dinas/OPD Camat, Kades, Perangkat Desa, BPD, Masyarakat Desa, Akademisi, KPU, Panwas, Ormas, LSM, dan Media massa serta alumni dan peserta SADAR. 

    “Untuk memeriahkan sekaligus menyambut kedatangan Menteri Desa dan tamu undangan akan  dimeriahkan kesenia tradisional Cepetan dari Desa Seboro Sadang Kebumen,” ucapnya. (mam) 


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top