• Berita Terkini

    Rabu, 15 Maret 2023

    PCNU Kebumen Terbitkan Jadwal Imsakiyah, Awal Puasa masih Menunggu Sidang Isbat


    KEBUMEN(kebumenekspres.com)- Menjelang Bulan Suci Ramadan 1444 H/ 2023 M, PCNU Kebumen menerbitkan Jadwal Imsakiyah yang nantinya akan menjadi pedoman masyarakat selama menjalankan ibadah di bulan suci Ramadan


    Ketua PCNU Kebumen KH Moh Dawamudin MMAg menyampaikan jadwal imsakiyah diterbitkan agar bisa menjadai acuan bagi masyarakat khususnya Kebumen. Namun demikian,Dawamudin menyampaikan kepastian awal puasa masih harus menunggu   hasil Sidang Isbat oleh PBNU  yang akan dilaksanakan pada 22 Maret mendatang pukul 19.00 WIB. 


    “Jadwal Imsakiyah telah kami buat. Namun untuk penentuan tanggal 1 Ramadannya nunggu Sidang Isbat PBNU,” tuturnya, Rabu (15/3/2023).



    Disampaikannya, Jadwal Imsakiyah disusun oleh pakar hisap/ahli ilmu astronomi LF PBNU, Balitbang Kemenag RI KH Muh Marufin Sudibyo  dan LF PCNU Kebumen Drs KH Mutoha Arkanudin. Dengan sistem hisab kontemporer akurasi tinggi. “Untuk mengunakan Jadwal Imsak dari PCNU ini, cocokkan terlebih dahulu jam anda dengan tanda waktu Indonesia,” katanya.


    KH Dawamudin juga menegaskan, potensi perbedaan dalam penentuan tanggal 1 Ramadan memang ada, namun sangat tipis. Potensi terbesar adanya kemungkinan perbedaan justru pada penentuan 1 Syawal 1444 H.  


    Dalam hal ini KH Dawamudin mengimbau kepada seluruh warga NU untuk kompak dan mematuhi keputusan PBNU. Sehingga penentuan awal puasa dan penentuan 1 Syawal kompak sesama NU. Jika terdapat perbedaan dengan lainnya, makan saling menghormatilah.


    “Kami berharap sesama warga  NU nanti kompak dan bareng yakni mengikuti keputusan PBNU. Ini baik menentukan Awal Ramadan, maupun 1 Syawalnya,” paparnya.


    KH Dawam juga persan agar senantiasa memperbanyak amal kebaikan selama Bulan Ramadan. Dimana Bulan Suci Ramadan merupakan bulan yang penuh berkah dan ampunan. Manfaatkanlah  Ramadan ini untuk senantiasa berbuat baik dengan sesama, dan meningkatkan amal ibadah. (mam)Jadwal tersebut ditentunya dengan  koordinat markaz (titik acuan perhitungan)  yakni Masjid Agung Kebumen yakni 07° 40’ LS 109° 39’” BT 21 Meter di atas permukaan laut (MDPL).  Jadwal dimulai dari tanggal 23 Maret 2023. 


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top