• Berita Terkini

    Jumat, 06 Januari 2023

    Bupati Kebumen: Gaji P2K Bakal Dinaikkan Sesuai UMK


    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Bupati Kebumen Arif Sugiyanto menyatakan bakal pihaknya bakal menaikkan gaji  Petugas Penunjang Kegiatan (P2K). Bupati Arif mengatakan, gaji para P2K itu nantinya setidaknya akan sesuai UMK


    Hal itu ditegaskan Bupati saat menggelar apel pagi bersama petugas keamanan, kebersihan, pengemudi dan petugas lain yang setara di Lingkup Pemkab Kebumen. Apel pagi berlangsung di Pendopo Kabumian, Jumat (6/1/2023).


    Bupati menyatakan, setidaknya  ada 1153 peserta P2K yang ikut pada kegiatan apel pagi ini. Mereka mendapat pengarahan langsung dari kepala daerah terkait pendapatan yang mereka dapat tiap bulannya. "Mereka ini statusnya masih P2K, dan tadi kita sudah tanya langsung soal pendapatan mereka tiap bulan. Memang masih di bawah UMK. Tentu kita juga merasa prihatin," ujar Bupati.


    "Kita perintahkan kepada Pak Sekda semua P2K di Kebumen minimal pendapatnya sesuai dengan UMR/UMK. Karena itu sudah ketentuan," tambahnya.


    Bupati menyatakan, sebagai pekerja yang membantu tugas-tugas pemerintah daerah, para P2K ini kesejahteraannya juga harus diperhatikan. Minimal gaji mereka sesuai dengan UMK. "Kalau nggak sanggup, mending dikeluarkan semua saja, nggak usah ada P2K," jelas Bupati.

    Sampai saat ini, Bupati menyebut petugas kebersihan, keamanan, dan driver memang belum bisa diangkat untuk menjadi PPPK karena formasi untuk mereka belum ada aturannya dari pusat. Namun Pemda terus berupaya melobi pemerintah pusat agar mereka juga mendapat formasi untuk ikut seleksi PPPK. "Pemkab sendiri sudah mengusulkan penerimaan PPK sebanyak 2.355 orang, Mudah-mudahan bida di ACC pemerintah pusat," ucapnya.

    Meski diakui dengan usulan tersebut bakal membebani APBD. Namun Bupati menegaskan pembangunan bukan hanya fokus pada satu titik, infastruktur misalnya, tapi juga pembangunan sumber daya manusia, menyangkut kesejahteraan para petugasnya. (fur)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top