• Berita Terkini

    Rabu, 14 Desember 2022

    88 PKL Pasar Tumenggungan Ditertibkan


    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Sebanyak 88 pedagang kaki lima yang berjualan di luar kompleks Pasar Tumenggungan Kebumen sebelah barat ditertibkan, Rabu (14/12/2022). Selanjutnya, mereka dipindahkan ke  dalam pasar. Para pedagang ini lantas ditempatkan di los-los yang masih kosong tanpa dipungut biaya


    Sekretaris Satpol PP Kebumen, Bambang Widadi mengatakan pihaknya menyerahkan sejumlah personil untuk menertibkan sejumlah pedagang yang berada di luar pasar, utamanya di sebelah barat Pasar Tumenggungan. "Iya dari pagi Mas, kita di BKO sama Disperindagsar untuk penertiban pedagang pasar," katanya.


    Sementara itu, Kepala Disperindagsar UMKM Kebumen, Frans Haidar melalui, Kepala UPTD Pasar II, Mulyadi mengatakan, pemindahan para pedagang kaki lima yang berjualan di sebelah barat pasar merupakan bagian dari penertiban dan pengembalian fungsi Pasar Tumenggungan.


    "Ada sekitar 88 pedagang yang ditertibkan, mereka ditertibkan untuk masuk ke dalam pasar dan menempati los-los yang kosong sehingga nantinya pasar didalam akan ramai kembali," katanya ditemui Ekspres di sela-sela pemindahan.


    Mulyadi menjelaskan, pemindahan dan penempatan los kosong oleh pedagang tidak dipungut biaya alias gratis. "Perpindahan pedagang ini tidak dipungut biaya, mereka tadinya jualan di luar pasar, fungsi halaman untuk parkir maka pedang harus masuk ke dalam semua," katanya.

    Lebih jauh, Mulyadi menjelaskan, jika sesuai Perda fungsi pasar bagian bawah adalah los, namun sejak awal sudah banyak merubah bentuk los itu sendiri.

    "Sebenarnya jika sesuai Perda pasar akan bagus dan rapi, tapi sejak awal pedagang ada yang mengubah bentuk los, dengan ini harapannya dengan penataan pedagang ini pasar difungsikan kembali seperti dulu, pedagang dan pembeli mulai tertata lagi," ujarnya.

    Terpisah, Sati (65)  salah satu penjual pisang di barat Pasar Tumenggungan mengatakan, ia enggan dipindahkan ke dalam. Namun, ia memilih mengikuti aturan. "Iya mas, suruh pindah didalam, sebenarnya ya keberatan, tapi itu aturan saya ngikut aja," katanya yang juga warga Desa Surotrunan Kecamatan Alian.

    Sejauh ini Pemkab Kebumen terus berupaya menata tata kota kebumen, baik pemindahan pasar pagi ke Stanplat Colt, penataan pedestrian koridor satu arah Jalan Soekarno Hatta, hingga penataan pedagang pasar Tumenggungan. (fur)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top