• Berita Terkini

    Minggu, 03 Juli 2022

    30 Relawan Ikuti Pelatihan Manajemen Posko

     


    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Sebanyak 30 peserta mengikuti pelatihan manajemen posko dan pusat data informasi (Pusdatin) yang digelar Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Kebumen, umat-Minggu (1-3/7/2022).  Para peserta yang berasal dari unsur Korp Sukarela (KSR), Tenaga Sukarela (TSR), dan Tim Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (SIBAT)


    Mereka pun antusias mengikuti kegiatan yang berlangsung di Jemur Adventure Park tersebut. Adapun untuk narasumber yaitu Uko Ferdianto ST dari BPBD Kebumen, Agus Wibowo fasilitator PMI Provinsi Jateng, Alwan Rifai fasilitator PMI Banjarnegara, dan Robiatul Adawiyah yang merupakan fasilitator internal PMI Kebumen.


    Ketua PMI Kebumen Sabar Irianto mengapresiasi kegiatan pelatihan ini. Menurutnya, peserta pelatihan dapat menambah jejaring lebih luas untuk Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops).


    "Tentunya kami sangat senang melihat semangat belajar teman-teman relawan dalam rangka pelatihan manajemen posko yang didukung penuh oleh Palang Merah Jepang. Selain menambah keterampilan sumber daya manusia utamanya untuk posko PMI Kabupaten Kebumen, juga dapat menambah relasi dalam Pusdalops di Kabupaten Kebumen ke depannya,” katanya.


    Sementara itu Plt Kepala Markas PMI Kebumen Muhammad Muslim Mustofa mengatakan, materi yang disampaikan antara lain Jejaring dan Kemitraan, Linkage Pusdalops, Mekanisme Tanggap Darurat Bencana, serta materi penunjang seperti Struktur dan Mekanisme Posko PMI, Sistem Analisis dan Pemrosesan Data, EWEA, Assessment, Radio komunikasi, serta pelaporan dan simulasi.


    "Agenda pelatihan manajemen posko sudah terstruktur dan terukur mengingat pelayanan posko PMI Kebumen 24 jam untuk masyarakat agar dapat diberikan secara optimal," ujarnya.


    Lokalatih manajemen posko merupakan agenda yang terstruktur dan terukur, mengingat PMI Kebumen membuka layanan posko 24 jam. Dengan adanya pelatihan ini dapat meningkatkan kapasitas relawan PMI dalam upaya menunjang pelayanan agar semakin prima dan optimal dengan memaksimalkan peralatan posko dan menugaskan tim yang terlatih,” imbuhnnya. (Fur/Humas PMI)



    Berita Terbaru :


    Scroll to Top