• Berita Terkini

    Minggu, 26 Juni 2022

    Rp 10 Miliar Tanpa APBD, Gelaran KIE tahun 2022 Resmi Dibuka


    KEBUMEN(kebumenekspres.com)- Tak salah kiranya menyebut Kebumen International Expo (KIE) sebagai even terbesar yang pernah digelar di Kebumen. Untuk menggelar itu, Pemkab Kebumen menggelontorkan dana  Rp10 Miliar.


    Seperti diberitakan,  Pemkab Kebumen  menggelar kegiatan Kebumen International Expo (KIE) di tahun 2022 ini. Kegiatan yang dipusatkan di alun-alun Kebumen itu, bahkan telah resmi dibuka  Sabtu (25/6/2022) malam dan akan berlangsung hingga 2 Juli 2022 mendatang. Pembukaan dilakukan oleh Menteri Koperasi dan UKM  Teten Masduki.

    Selain diikuti sedikinya 500 stand yang menampilkan beragam keunggulan Kebumen, even ini juga "full hiburan" dengan mendatangkan artis-artis nasional.


    Bupati Arif Sugiyanto dalam sambutannya di depan Menteri dan sejumlah pejabat lain menyampaikan, pihaknya menganggarkan Rp10 Miliar untuk KIE. Namun, Bupati memastikan anggaran untuk KIE tersebut tidak menggunakan APBD, melainkan dari masyarakat untuk masyarakat. 


    Termasuk dukungan dari Pertamina sebagai sponsor tunggal. "Kalau anggaran informasi dari panitia, itu kurang lebih Rp10 miliar. Yang perlu saya tekankan bahwa di sini tidak menggunakan APBD. KIE ini dibiayai oleh masyarakat untuk masyarakat. Termasuk dari Pertamina sebagai sponsor tunggal," ujar Bupati Arif.


    Bupati yakin adanya KIE ini justru akan menambah peningkatan ekonomi di masyarakat karena event ini menggabungkan antara perdagangan, investasi dan pariwisata. 

     "Ini seperti disampaikan Pak Menteri (Teten Masduki), KIE bisa menambah daya beli masyarakat. Kalau daya belinya naik, pasti ekonomi akan bangkit karena adanya putaran ekonomi," terang Bupati.


    Dari sisi perdagangan, menurut Bupati sangat baik, lantaran KIE menampilkan sekian banyak produk dan jasa. Baik dari UMKM, instansi maupun korporat dengan 500 stand pameran. "Di situ pasti ada informasi dan perdagangan," ucapnya.


    Tidak hanya itu, KIE juga dipercaya bisa merangsang masuknya investasi di Kebumen. Bupati optimis, dengan adanya KIE ini bisa menghasilkan nilai investasi Rp100 miliar. "Kita sangat optimis dengan adanya KIE ini, investasi yang masuk di Kebumen bisa lebih dari Rp100 miliar," ucapnya.


    Selain dihadiri Teten Masduki, hadir kemarin Pjs Corporate Secretary PT Pertamina (Persero) Fajriyah Usman, Wakil Ketua BPK RI Agus Joko Pramono, Kepala BKKBN Hasto Wardoyo, sejumlah Bupati dan Wali Kota di wilayah Jateng/DIY. 

    Acara Opening Ceremony sangat meriah dengan adanya pesta kembang api, tarian tradisional, dan penampilan konser musik dari Sammy Simorangkir yang ditonton oleh banyak para penggemarnya. (fur)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top