• Berita Terkini

    Rabu, 09 Juni 2021

    Jalur Satu Arah Kebumen Dipermanenkan


    KEBUMEN(kebumenekspres.com)-Setelah menjalani uji coba selama satu bulan, kini Sistem Satu Arah (SSA) di empat Jalan Protokol di Kebumen dipermanenkan. Ini dilaksanakan mulai minggu pertama Juni 2021 ini.  Empat Jalan tersebut yakni Jalan Pahlawan, Mayjen Soetoyo, Kusuma dan Kolopaking.


    Setelah dipermanenkan jumlah petugas yang mengawasi pun dikurangi. Jumlah petugas kini lebih sedikit bila dibandingkan dengan saat uji coba searah. Saat ini beberapa persimpangan seperti perempatan telah dipasang rambu lalu lintas. Selain itu juga dipasang lampu Alat Pengatur Lalu Lintas (APLL).


    Pelaksana tugas Kepala Dinas Perhubungan Kebumen Cokroaminoto saat dikonfirmasi membenarkan jika kini SSA telah dipermanenkan. Adapun uji coba berakhir pada 31 Mei lalu. Sejak awal uji coba yakni 5 Mei sudah dipersiapkan untuk dipermenenkan. “Sejak awal yakni  5 Mei telah dipersiapkan untuk permanen,” tuturnya, Rabu (9/6/2021).


    Disampaikan pula, berbarengan dengan dipermanenkannya SSA, maka penindakan terhadap pelanggar pun mulai diterapkan. Hingga kini setelah dipermanekan, meski petugas telah dikurangi, namun secara umum pelanggaran tergolong rendah. 


    Sebelumnya, Cokro juga menjelaskan, guna mengantisipasi kecelakaan lalu lintas juga ditempatkan petugas pada tujuh titik ruas jalan. Disisi lain, pihaknya juga sudah memasang APILL atau lampu rambu lalu lintas di simpang Wonoyoso, Simpang Empat Urip Jalan Soetoyo dan Simpang Empat Pegadaian. 


    Adapun tujuh ruas titik penjagaan petugas yakni Simpang Empat Pegadaian, Simpang Empat SMP Negeri  5 Kebumen, Simpang Empat SMA Negeri 1 Kebumen dan Simpang Empat SMP Negeri 1 Kebumen. Kemudian Simpang Empat Polsek Kebumen, Simpang Tiga Pasar Burung atau Pasar Koplak dan Simpang Tiga Jalan Kolopaking Kusuma. 


    Kebijakan baru lainnya, lanjut Cokro, yakni berkaitan dengan pintu masuk dan keluar Pasar Tumenggungan. Pintu masuk pasar yaitu sebelah Selatan melalui Jalan Pahlawan, Sebelah Timur atau Pintu Utara Jalan Kusuma dan Sebelah Utara atau Pintu Barat melalui Jalan Kolopaking.  "Pintu keluar pasar berada di Sebelah Timur atau Pintu Selatan melalui Ruas Jalan Kusuma dan Sebelah Utara atau Pintu Timur melalui Ruas Jalan Kolopaking," ucapnya. (mam)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top