• Berita Terkini

    Senin, 06 Mei 2024

    Geopark Kebumen Divalidasi 3 Kementerian


    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Menuju tahapan penilaian Geopark Kebumen mendapat kunjungan validasi dari Kemkomarves, Kemenparekraf dan Kementerian ESDM, Bappenas dan Komite Nasional Geopark Indonesia (KNGI). Sebanyak 15 orang dari Tim Visitasi akan menjelajahi Geopark Kebumen selama 3 hari di tiga rute geotrail dan 15 situs.

    Kedatangan tim visitasi dari beberapa kementerian disambut hangat oleh Wakil Bupati Kebumen, Ristawati Purwaningsih di ruang pertemuan Pendopo Kabumian Kabupaten Kebumen, Senin (5/6/2024).

    Wabup Ristawati Purwaningsih mengatakan, pihaknya menyambut baik dan mengucapkan terima kasih atas kedatangan tim ke Kabupaten Kebumen. “Ini dalam rangka persiapan penilaian dari UGGP, kita terimakasih sekali mendapatkan pendampingan kunjungan validasi dari Kemenkomarves yang ikut mendukung kita bersiap menerima kunjungan dari Gobal Unesco, dengan kunjungan ini harapannya kita mendapatkan evaluasi yang tepat dan semakin memantapkan kita untuk Kebumen menjadi Geopark Global Unesco,” katanya.

    Wabup menambahkan, adanya kunjungan validasi ini pihaknya meminta peran serta masyarakat turut mendukung hajat besar Kabupaten Kebumen yakni Geopark Kebumen menuju Geopark Global Unesco.

    “Ini merupakan hajat kita semua, tidak hanya Badan Pengelola Geopark, Pemerinta namun semuanya harus mendukung, hajat ini merupakan hajat seluruh masyarakat kebumen, jika nanti kebumen lolos global unesco maka kebumen diharapkan semakin mendunia dan masyarakatnya semakin sejahtera,” ujarnya.

    Plt Asisten Deputi Pengembangan Pariwisata Berkelanjutan, Rustam Effendi mengatakan kedatangan tim untuk memastikan dan mematangkan rencana validasi Geopark Kebumen.

    Rustam menjelaskan, pihaknya mengapresiasi kekompakan dan kemauan antara Badan Pengelola Geopark Kebumen dan Pemerintah Daerah serta masyarakat Kabupaten Kebumen. Dengan keinginan dan komitmen besar ini menghasilkan kolaborasi antara pemerintah daerah dengan pemerintah pusat.

    “Geopark ini tidak bisa berjalan sendiri-sendiri, harus dikoordinasikan semuanya, mulai dari badan pengelola, masyarakat hingga pemerintah daerah dan pusat,” ujarnya.

    Rustam menambahkan, kunjungan tim ke Geopark Kebumen untuk menyiapkan validasi yang akan dilakukan tim dari obal Unesco pada pertengahan bulan Juli 2024 mendatang. “Ini seperti simulasi menghadapi asesor yang sesungguhnya, selama tiga hari kedepan kita memastikan kesiapan dan evaluasi untuk mewujudkan Unesco Global Geopark," ujarnya.

    Sementara itu, Dewan Pakar Komite Nasional Geopark Indonesia (KNGI), Mirawati Sudjono mengatakan, kunjungan Ini merupakan perdana untuk Geopark Nasional Kebumen. Mira menjelaskan meski ia belum pernah menjelajahi Geopark Kebumen, ia memberikan kisi-kisi bahwa Asesor penilaian dari UGGP yang akan datang adalah dua orang Geologis.

    "Ini pertama kali, yang terpenting adalah penelanan di keragaman Geologinya, Asesor yang akan datang adalah orang Geologis, pasti akan akan dilihat secara detail," katanya.

    Mira menuturkan, dalam penilaian nanti yang terpenting adalah para pengampu Geosite atau situs mereka menguasai pemahaman Geopark dan situs yang dikelolanya.

    "Yang terpenting adalah para pengampu Geosite saat mendapatkan pertanyaan dari asesor ditanya itu nyambung, kalau ditanya nggak nyambung wah sudah selesai, jadi dari hal-hal kecil itu yang saat survei ini akan kita ajarkan, terus kemudian Geopark ini kunci utamanya komunitas,  komunitasnya kalau nggak jalan nggak lulus, kami berharap Geopark Nasional Kebumen ini yang ke 11 masuk Unesco," pungkasnya. (fur


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top