• Berita Terkini

    Rabu, 13 Maret 2024

    Rp 88, 9 Miliar Dikucurkan untuk Pembangunan Jalan


    KEBUMEN(kebumenekspres.com)- Sektor infrastruktur jalan sepertinya menjadi salah satu prioritas utama Pemkab Kebumen. Setidaknya ini terlihat dari sejumlah pembangunan jalan di sepanjang tahun 2023. Pada periode itu, Pemkab membangun infastruktur jalan sepanjang 41 Km dengan total anggaran  Rp 88, 9 miliar.


    Kepala Dinas PUPR Kebumen Joni Hernawan mengatakan, total ada 94 paket pengerjaan jalan selama 2023. Itu meliputi pembangunan jalan, pemeliharaan berkala, dan pemeliharaan rutin jalan. 

    Perbaikan jalan paling panjang, yakni ada di Jalan Kemujan - Karangsari dengan panjang 1.224 meter. Kemudian Jalan Peniron - Kebakalan 1.220 meter, dan jalan Sadang Kulon-Cangkring 1.188 meter. 

    "Setiap tahun kita terus melakukan perbaikan jalan secara bertahap. Dan alhamdulillah pada 2023 kita telah menyelesaikan pembangunan atau perbaikan jalan dengan total panjang 41 Km," ujar Joni dalam keterangannya, Minggu (9/3)


    Mengingat keterbatasan anggaran,  Pemerintah Daerah, kata Joni, juga telah melakukan pembangunan jalan Karangbolong-Ayah  yang dibantu pembiyaannya oleh Pemerintah Pusat sepanjang 16 Km dengan anggaran Rp120 Miliar. "Lalu jalan Deandles dari Mirit sampai Puring sepanjang 26 km juga tengah dibangun dengan betonisasi bantuan dari Pemerintah Pusat sebesar Rp125 Miliar," terangnya.

    Lebih lanjut, Joni menuturkan, selain membangun jalan, Pemerintah pada 2023 juga telah membangun jembatan. Setidaknya ada 9 jembatan yang telah dibangun dan diperbaiki dengan total anggaran Rp8,7 Miliar.

    Di antaranya, pembangunan jembatan Desa Kedungwringin Kecamatan Sempor, dan Jembatan Desa Kedungjati Kecamatan Sempor. Kemudian Pemeliharaan Berkala Jembatan Tebo pada Ruas Jalan Demangsari-Ayah.

    Selanjutnya pada 2024, Pemerintah Daerah kata Joni, juga telah merencanakan pembangunan jalan di sejumlah wilayah. Adapun rencana pembangunan jalan meliputi sejumlah ruas antara lainRuas Jalan Soka - Klirong kemudian Jogosimo - Tegalretno.


    Berikutnya, Pemeliharaan Berkala Koridor Jalan Merdeka, Sutoyo Kebumen, Jln. Gentan - Miritpetikusan, Giritirto - Plipitan, Gombong - Kuwarasan. Lalu, Jatinegara - Purbowangi, Kalibeji - Sempor, Jln. Karanggayam - Kebakalan, Lerep - Karangtengah, Purwogondo - Buayan dan Wonosari - Kembaran. Pemeliharaan ruas-ruas jalan ini bersumber DAU


    Perbaikan jalan juga akan dilakukan di ruas Donorojo - Kedungwringin, Adiluhur - Kalipurwo, Kabekelan - Lembupurwo, Sruni - Krakal. Pemeliharaan ruas-ruas jalan ini bersumber Banprov 2024:

    Kemudian Pemkab juga bakal melakukan perbaikan di Ruas Jalan Selokerto - Buayan - Jladri, alan Mertokondo - Karangsambung CS (Ruas Kembaran - Kedungbener), an Gombong - Kuwarasan dan terusan jalan Deandles dari Petanahan-Tambakmulyo. Adapun sumber dananya usulan Inpres Jalan Daerah  Tahap 2 Tahun 2024:



    Berita Terbaru :


    Scroll to Top