• Berita Terkini

    Senin, 05 Juni 2023

    Bengkel SMK Muhammadiyah Kutowinangun Bisa Tangani Mobil Mewah


    KEBUMEN(kebumenekspres.com)- Jarang diketahui, bengkel SMK Muhammadiyah Kutowinangun Muhiku Auto Service tak hanya sekedar melayani servis kendaraan. Mereka bahkan bisa menangani mobil-mobil mewah, seperti Nissan, Toyota Alphard, Pajero, Fortuner hingga BMW 


    Dengan peralatan canggih sekelas Bengkel Auto 2000, bengkel beralamat di Jl Pemuda No 14 Kutowinangun, Kabupaten Kebumen ini menerima servis panggilan.

    Berbicara tentang kendaraan, tentu sudah menjadi kebutuhan transportasi umum dan pribadi. Saat memiliki kendaraan pribadi, tentu harus merawatnya dengan baik agar kendaraan yang kita miliki sehat dan nyaman. Seperti halnya Bengkel mobil Muhiku Auto Service menjadi rekomendasi masyarakat Kabupaten Kebumen dan sekitarnya.

    Bengkel mobil milik SMK Muhammadiyah Kutowinangun ini terpercaya dapat menangani berbagai keluhan pada mobil berbagai merek. Dengan peralatan canggih di bengkel ini bisa melayani berbagai perbaikan kerusakan mobil, mulai service, AC mobil dan tune up hingga ganti sparepart.

    Kepala SMK Muhammadiyah Kutowinangun, Rochmat Aris Susyanto MPd mengatakan, Bengkel Muhiku Auto Service sudah di kembangkan sejak tahun 2010 dengan sekolah ini membuka jurusan Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO) yang bekerja sama dengan Astra Daihatsu. Bahkan bengkel milik sekolah ini sudah memiliki standar servis Bengkel Auto 2000.

    "Sudah sekitar 12 tahun kita kerja sama, hingga saat ini SMK Muhammadiyah Kutowinangun dipercaya untuk menjadi Daihatsu School Skill Center (DSSC), dan dibangun bengkel percontohan hanya ada dua di indonesia yakni SMK Muhammadiyah Kutowinangun dan SMK Al Mufti Subang," katanya.

    Bengkel Muhiku Auto Service ini memiliki fasilitas lengkap, mulai dari ruang tunggu yang nyaman dilengkapi dengan fasilitas hiburan karaoke, soft drink, hingga cuci kendaraan gratis. Di bengkel ini bisa melayani berbagai



    "Untuk untuk menghibur dan menghilangkan rasa bosan customer dalam menunggu service selesai, kita sediakan ruang tunggu santai dengan fasilitas karaoke, kita berikan juga pelayanan cuci gratis sehingga setelah kendaraan kembali ke customer dalam keadaan bersih," ujarnya.


    Tak hanya itu, peralatan yang digunakan cukup memadai dengan teknologi canggih saat ini, seperti Engine Tune Up, Conditioner Foam, Fogging Cabin, Super Carbon Cleaner (Gurah Mesin), Ganti Oli dan Filter Oli, Service Perawatan Berkala, Spooring, Balancing, Cek Rem hingga Understeel dan Scand kendaraan dengan peralatan scand mobil berbagai merek.


    "Peralatan kita cukup lengkap, selain dongkrak manual dan kita memiliki 4 buah alat Two Post Lift hidrolik yakni alat untuk mengangkat mobil dengan 2 tiang, ini memudahkan dan mempercepat teknisi untuk pengerjaan dan juga keamanan kendaraan," tambahnya.


    Alat lain yang dimiliki Muhiku Auto Service diantaranya, alat bubut piringan cakram (Rematching Disc Brake), Scanner mobil jepang dan eropa, Flushing oli matic, Injector cleaner, AC Generator, Gas Analyzer untuk mobil bensin dan solar.


    "Dengan peralatan yang kita miliki juga, seluruh teknisi yang menangani mereka sudah bersertifikat dan menjalani pelatihan rutin dengan brand mobil yang ada di seluruh indonesia," tambah Aris didampingi Koordinator Kepala Mekanik, Susilo.


    Selain itu, Muhiku Auto service selalu memberikan pelayanan terbaiknya kepada customer dengan memberikan garansi selama satu minggu. Selain itu sparepart yang tersedia di bengkel ini, didatangkan langsung dari pabrik. Tak hanya itu, bengkel ini juga menerima storing panggilan darurat untuk perbaikan kendaraan.


    "Untuk Sparepart karena kita sudah kerja sama kita datangkan langsung dari pabrik, jadi standar pabrik dan original, dan biaya juga bersahabat," katanya.


    Tak hanya itu, Bengkel SMK Muhammadiyah Kutowinangun ini mendapat predikat sekolah Bintang Lima dari Astra dengan seluruh teknisi dan guru telah terverifikasi dan bersertifikat.


    "Kita sudah mendapatkan predikat sekolah bintang lima dari Astra, dan karena itu bengkel kami menjadi percontohan dua sekolah se indonesia," jelasnya.


    SMK Muhammadiyah Kutowinangun dengan Bengkel Muhiku Auto Service, yang menerapkan Teaching factory (Tefa) yakni dengan model pembelajaran berbasis produk (barang/jasa) melalui sinergi sekolah dengan industri ini juga bekerja sama dengan AIM Daihatsu Magelang.


    "Dengan sistem Teaching factory kita pisahkan antara bengkel untuk umum dan bengkel untuk pembelajaran, jadi teknisi yang menangani mobil custumer ini benar-benar teknisi ahli, karena kita mengedepankan kualitas pelayanan," ujarnya.


    Selain itu, sebagai sekolah binaan Daihatsu, berbagai prestasi diraih dari ajang perlombaan yang telah diikuti, mulai dari tingkat kabupaten hingga nasional. Bahkan belum lama ini, SMK Muhammadiyah Kutowinangun menjadi tuan rumah lomba kompetensi siswa tingkat provinsi, MKKS LKS Provinsi yang diikuti 34 kontingen dari 34 kabupaten/kota.


    "Kita ketempatan untuk MKKS LKS Provinsi, tahun ini peserta terbanyak dan kemarin dibuka oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo secara virtual, dalam ajang ini ada sekitar 50 mata lomba, harapan kami dengan ini bisa mencetak generasi siswa dengan standar industri besar, atau

    bisa buka usaha sendiri, mensejahterakan guru murid dan sekolah," pungkas Aris. (fur)



    Berita Terbaru :


    Scroll to Top