• Berita Terkini

    Senin, 17 Oktober 2022

    Siswa SDN 1 Pejagoan Peringati Hari Cuci Tangan Sedunia


    KEBUMEN(kebumenekspres.com)-Siswa SD Negeri 1 Pejagoan melaksanakan kegiatan cuci tangan bersama. Ini dilaksanakan guna Memperingati Hari Cuci Tangan Sedunia. Para siswa melaksanakan cuci tangan bersama menggunakan sabun dan air mengalir, Sabtu (15/10/2022).


    Hari Cuci Tangan Sedunia jatuh setiap 15 Oktober.  Kegiatan  di SD Negeri 1 Pejagoan juga dihadiri oleh Forkompincam Pejagoan. Dalam hal ini hadir pula Kepala Puskesmas Pejagoan dr Timbul Pranoto MSc.


    Dalam sambutannya dr Timbul menyampaikan terkait enam langkah cuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir. Ini diawali dengan membasahi tangan serta menggosok sabun pada telapak tangan. Setelah itu usap-usap dan gosok kedua  telapak tangan secara lembut dengan arah memutar.


    Kedua usap dan gosok juga kedua punggung tangan secara bergantian. Langkah selanjutnya yakni usap dan gosok  gosok sela-sela jari tangan hingga bersih dan bersihkan ujung jari secara bergantian dengan posisi saling mengunci. 

    “Gosok dan putar kedua ibu jari secara bergantian. Setelah itu letakkan ujung jari ke telapak tangan kemudian gosok perlahan. Bilas dengan air bersih dan keringkan,” tuturnya.

    Disampaikannya membiasakan cuci tangan sangat penting. Selain untuk menjaga kesehatan juga untuk mencegah penyakit menular. Dengan demikian budaya mencuci tangan memang harus dilakukan. “Persoalan penyakit menular bisa selesai jika masyarakat membiasakan mencuci tangan,” paparnya.


    Menggunakan hand sanitizer juga bisa dilakukan. Itu sama dengan mencuci tangan. Namun demikain jika tangan dalam kondisi kotor sebaiknya mencuci tangan. Jika tangan tidak begitu kotor dapat menggunakan hand sanitizer. “Intinya tangan harus selalu dalam keadaan bersih. Terlebih saat hendak makan,” ungkapnya.

    Kepala Sekolah SD Negeri 1 Pejagoan Wardatul Adibah SPd SD menyampaikan kegiatan dilaksanakan semata-mata untuk pembelajaran para siswa. Ini terkait dengan pentingnya mencuci tangan. Di SDN 1 Pejagoan juga terdapat siswa dokter cilik dan kader adiwiyata.


    “Ini untuk melatih karakter siswa agar senantiasa rajin mencuci tangan. Sehingga diharapkan para siswa dalam membiasakan hidup sehat,” ucapnya. (mam)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top