• Berita Terkini

    Jumat, 28 Oktober 2022

    Peringatan Sumpah Pemuda, Bupati Kebumen Bagikan 12 Mobil untuk Desa Berprestasi


    KEBUMEN(kebumenekspres.com)- Bupati Kebumen Arif Sugiyanto memenuhi janjinya untuk memberikan hadiah berupa mobil bagi desa-desa yang berprestasi. Hadiah itu diberikan bertepatan dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda tingkat Kabupaten Kebumen yang berlangsung di Pendopo Kabumian, Jumat (28/10/2022)


    Saat itu, dibagikan 12 mobil untuk para pemenang lomba desa. Di saat yang sama, dibagikan pula sejumlah bantuan sosial


    Bupati mengungkapkan rasa syukurnya atas peringatan Hari Sumpah Pemuda di Kebumen yang berlangsung dengan lancar dan aman. "Alhamdulillah upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda di Kebumen berlangsung dengan khidmat, tadi juga sudah kita serahkan sejumlah bantuan sosial untuk masyarakat dan hadiah 12 mobil untuk para pemenang lomba desa," ujar Bupati.

    Bantuan yang diberikan kata Bupati, yakni peralatan olahraga seperti bola voli, bola takraw, tenis meja untuk karangtaruna, dan peralatan olahraga pencak silat, bantuan dampak inflansi kenaikan BBM, kemudian hadiah lomba menyusun menu makanan sehat tingkat desa se Kebumen, serta hadiah 12 mobil untuk para pemenang lomba desa.

    "Tadi kita juga berikan bantuan untuk masyarakat sebagai dampak inflansi kenaikan BBM yang sudah kita anggarkan sesuai instruksi pemerintah pusat. Sebelumnya juga sudah kita bagikan. Termasuk untuk padat karya, dan bantuan para jasa transportasi," jelasnya.


    Adapun untuk lomba desa, Bupati menyatakan, ada 12 desa yang dinyatakan sebagai pemenang. Lomba ini diberikan untuk memacu pemerintah desa dalam melakukan inovasi, dan karya-karya terbaik, guna kemajuan desa dan masyarakatnya.

    "Dan lomba desa ini akan kita adakan setiap tahun, tahun depan akan ada lagi, jadi saya harap desa-desa lain yang belum berkesempatan mendapat hadiah, bisa terus berpacu membuat karya-karya dan program terbaik untuk kemajuan masyarakatnya," terang Bupati.


    Bupati menegaskan, pemerintah daerah senantiasa menunjukan perhatian terhadap pembangunan desa. Mengingat desa merupakan entitas penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan publik, yang bersentuhan langsung dengan kepentingan masyarakat. 

    12 desa yang dinyatakan sebagai pemenang, yakni Desa Jatimalang Kecamatan Klirong, Desa Pejengkolan Kecamatan Padureso, Desa Tepakyang Kecamatan Adimulyo, Desa Karangsambung Kecamatan  Karangsambung, Desa Gemeksekti Kecamatan Kebumen, 

    Lalu ada Desa Wajasari Kecamatan Adimulyo, Desa Kawedusan, Kecamatan Kebumen, Desa Temanggal Kecamatan Adimulyo, Desa Jatimulyo Kecamatan Petanahan, Desa Balingasal Kecamatan Padureso, Desa Srusuhjurutengah Kecamatan Puring dan Desa Rogodono Kecamatan Buayan 


    Sementara itu, pelaksanaan upacara sumpah pemuda berlangsung meriah dan penuh khidmat. Upacara turut dihadiri ratusan peserta, terdiri dari TNI / Polri, guru, pegawai Pemkab, SatpolPP, Damkar, Pramuka, PMI, sejumlah organisasi kemasyarakatan, mahasiswa dan juga siswa siswi sekolah SMA sederajat.  Dimulai pukul 07.00 WIB, Upacara berlangsung dengan khidmat.

    Dalam sambutannya, Bupati mengatakan bahwa peringatan Sumpah Pemuda merupakan upaya untuk mengingat kembali sejarah guna menjadi teladan bangsa dalam mewujudkan visi misi negara Indonesia.

    "Tentunya peringatan dari Sumpah Pemuda adalah upaya kita menghadirkan sejarah masa lalu untuk dijadikan teladan dan inspirasi penggerak langkah menuju visi bangsa yang besar menyikapi perbedaan suku agama ras dan kultur serta berbagai kepentingan," kata Bupati.


    Adapun tema peringatan Sumpah Pemuda tahun ini adalah Bersatu Bangun Bangsa. Menurut Bupati, tema tersebut berpesan bahwa persatuan merupakan kekuatan untuk membangun peradaban yang unggul.


    "Tema peringatan Hari Sumpah Pemuda saat ini adalah Bersatu Bangun Bangsa. Memberikan pesan bahwa persatuan menjadi kekuatan untuk melakukan pembangunan peradaban yang unggul sebagai eksistensi bangsa Indonesia," kata Bupati


    Meskipun demikian, Bupati menyebut bahwa permasalahan generasi muda di semua wilayah di Indonesia adalah pengangguran. Maka, dibutuhkan pemberdayaan dan pengembangan pemuda."Indonesia masih menghadapi ancaman pengangguran dan tindakan destruktif yang tidak menguntungkan. Maka, upaya pemberdayaan dan pengembangan pemuda menjadi kreatif, inovatif, dan mandiri perlu dikembangkan agar pemuda dapat menghadapi berbagai situasi dan mampu mencapai prestasi tinggi pada kesempatan yang baik," ucapnya. Bupati juga berharap anak muda di Kebumen bisa ikut serta untuk membangkitkan Indonesia. Ia berkeyakinan bahwa anak muda saat ini mempunyai kemampuan untuk memberikan kontribusi bagi bangsa dan negara.“Saya pribadi yakin anak muda saat ini memiliki kemampuan untuk bisa memberikan kebanggaan kepada bangsa dan negara,” tuturnya.


    Selain itu, Bupati mempunyai keyakinan yang kuat bahwa anak-anak muda saat ini juga gemar dengan persatuan, sama halnya para pemuda di zaman dahulu. Oleh karena itu, Bupati berpesan agar para pemuda terus berkarya untuk Indonesia.“Kita juga sama-sama yakin anak-anak muda saat ini pun gemar dengan persatuan, sama dengan anak-anak dulu. Terus berkarya dan tetap bergembira dalam persatuan untuk keutuhan dan kejayaan NKRI,” tandasnya. (fur)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top