• Berita Terkini

    Senin, 18 Juli 2022

    Pembangunan Saluran Drainase, Pembatas Jalan Difungsikan Jadi Jembatan


    KEBUMEN(kebumenekspres.com)- Pemkab Kebumen saat ini tengah melakukan pekerjaan perbaikan saluran drainase di Jl Soekarno Hatta Kebumen. Warga pun sepertinya harus bersabar bila dalam proses ini menimbulkan ketidaknyamanan.


    Pantauan koran ini, proses pembangunan saluran drainase ini membuat sebagian badan jalan khususnya di tepi jalan Soekarno Hatta harus dikeruk. Padahal di jalur ini merupakan kawasan pertokoan. Bahkan, Pasar Tumenggungan berada di ruas jalan ini.

    Akibatnya, warga yang hendak atau pulang dari Pasar Tumenggungan harus melompati parit memanjang itu. Akhirnya,  pembatas jalan milik Disperkimhub Kabupaten Kebumen berubah fungsi menjadi tempat penyeberangan darurat. Jembatan dari pembatas jalan itu terlihat digunakan warga sejak Minggu (17/7/2022).


    "Motor saya parkir disini (seberang selatan pasar) saya belanja di pasar kalau harus jalan mutar jauh, akhirnya lewat jembatan ini," kata Zualeha (35) salah satu pembeli di Pasar Pagi Tumenggungan.


    Hingga kemarin, sejumlah alat berat masih berada di lokasi. Pemkab juga memasang sejumlah papan peringatan agar warga berhati-hati


    Sebelumnya, Bupati Kebumen Arif Sugiyanto menyampaikan, drainase dibangun untuk mengatasi persoalan banjir yang sudah berlangsung bertahun-tahun lalu dan belum teratasi. Bupati Arif menargetkan, saluran drainase akan rampung pada akhir tahun 2022 ini


    Drainase yang dibangun nantinya langsung tersambung ke Sungai Lukulo. Menurut Bupati, ini merupakan wujud program penataan kota yang ia canangkan sejak pertama menjabat. Setelah sebelumnya, Bupati lebih dulu melakukan kebijakan membuat jalan satu arah di beberapa ruas jalan dalam kota.


    "Pembangunan drainase kalau harus menggusur pertokoan itu memakan biaya besar. Karena itu cukup dengan membuat jalan satu arah, agar jalan menjadi lebar dan punya ruang yang lebih untuk pembuatan saluran air," ucap Bupati.

    Dengan jalan satu arah tersebut, pemerintah juga bisa menyediakan ruang bagi pengguna jalur sepeda. Bahkan pada Minggu 17 Juli, sudah bisa digunakan untuk car free day sampai dengan alun-alun Kebumen yang dimulai pukul 06.00 sampai 09.00 WIB. Car free day yang tadinya hanya di alun-alun radiusnya diperluas sampai jalan Soekarno Hatta,  jalan Merdeka, Jalan Sutoyo, hingga Jl Kusuma. (fur)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top