• Berita Terkini

    HONDA BEAT

    Senin, 21 Mei 2018

    Polres Pekalongan AmankanTerduga Pencurian Mesin ATM

    WAHYU HIDAYAT
    PEKALONGAN- Seorang pria yang diduga terlibat dalam pembobolan dan pencurian mesin ATM BNI di Sapugarut, Buaran, Kabupaten Pekalongan pada Kamis (17/5) dini hari, telah diamankan jajaran Polsek Buaran bersama Resmob Satreskrim Polres Pekalongan Kota pada Sabtu (19/5/2018).


    Pria berinisial K, warga Limbangan, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Pekalongan, itu saat ini sudah diamankan di Mapolres Pekalongan Kota guna proses penyelidikan dan pengembangan lebih lanjut.

    Informasi yang didapat Radar Pekalongan menyebutkan, K diduga turut terlibat dalam aksi pembobolan mesin ATM itu. Dugaan keterlibatan K didapatkan aparat kepolisian, berdasarkan informasi yang didapatkan dari masyarakat di sekitar lokasi ditemukannya box mesin ATM di sebuah kebun di Desa Limbangan, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Pekalongan.

    K diduga turut membantu beberapa pelaku lain untuk membobol mesin ATM BNI dimaksud, serta menguras uang tunai kurang lebih Rp40 juta yang tersimpan dalam mesin ATM itu. Adapun peran K, antara lain ikut mencarikan alat-alat yang dipakai untuk membongkar box mesin ATM, dan mencari tempat menurunkan box mesin ATM tersebut. Kuat dugaan, pelaku berjumlah lebih dari lima orang.

    Kasatreskrim Polres Pekalongan Kota AKP Edi Sutrisno, saat dikonfirmasi membenarkan telah mengamankan seorang pria yang diduga terlibat dalam pencurian mesin ATM tersebut. Namun pihaknya masih enggan memberikan keterangan lebih lanjut. "Masih dalam pengembangan untuk mengungkap pelaku lainnnya. Harap bersabar, semoga semuanya bisa terungkap dan seluruh pelaku tertangkap," ungkapnya, Minggu (20/5) petang.

    Sebagaimana diberitakan, sebuah mesin ATM BNI di Jalan Raya Sapugarut, tepatnya di seberang Puskesmas Pembantu Sapugarut, atau tak jauh dari pabrik PT Pismatex, Kecamatan Buaran, Kabupaten Pekalongan, pada Kamis (17/5) dini hari dibobol pencuri.

    Kejadian ini diketahui saat petugas rekanan dari BNI hendak melakukan pengisian uang di mesin ATM tersebut pada Kamis (17/5) dini hari sekitar pukul 03.30 WIB. Namun ternyata, box mesin ATM sudah tidak ada. Kondisi di dalam ruang ATM itu juga sudah acak-acakan.

    Kejadian itu kemudian dilaporkan ke Polsek Buaran. Selanjutnya, petugas Polsek Buaran dan Inafis bersama Satreskrim Polres Pekalongan Kota melakukan olah TKP. Dari TKP, polisi mengamankan sejumlah barang bukti, antara lain linggis dan gunting untuk memotong besi atau gembok. Polisi juga memeriksa rekaman kamera CCTV yang ada di lokasi.

    Berikutnya, pada Kamis (17/5) siang, polisi menemukan box mesin ATM yang dibobol dan dicuri pelaku itu tergeletak di sebuah kebun di Desa Limbangan, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Pekalongan. Saat ditemukan, box mesin ATM tersebut telah dibongkar. Ada lubang bekas digergaji pada box mesin ATM berbobot lebih dari tiga kwintal itu.

    Polisi selanjutnya mengamankan box ATM tersebut ke Mapolsek Buaran guna penyelidikan lebih lanjut. "Kami masih menyelidiki kasus ini. Sejumlah saksi kita mintai keterangan. Semoga pelaku segera tertangkap," imbuh AKP Haryanto. (way)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top