• Berita Terkini

    Senin, 21 Mei 2018

    25 Wirausaha di Kebumen Dilatih Kuliner Olahan Ikan

    istimewa
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Kebumen menggelar pelatihan kerja kepada pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) di Ruang Pedalen Hotel Candisari Karanganyar, belum lama ini.

    Pelatihan yang diselenggarakan selama tiga hari itu fokus pada pelatihan kuliner olahan ikan. Pelatihan tersebut diikuti 25 peserta pelaku IKM di pesisisir selatan Kebumen. Mereka berasal dari Kecamatan Petanahan, Puring, Klirong, dan Kecamatan Ayah.

    Sekretaris Dinas Perindag Kebumen, Drajat Triwibowo, mengatakan pembinaan dan pelatihan ini tentang pengolahan makanan dengan bahan dasar ikan. Kegiatan tersebut untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan para peserta dalam memproduksi olahan ikan.

    "Yang bahan bakunya cukup melimpah di Kabupaten Kebumen, khususnya di wilayah pesisir," kata Drajat Triwibowo, saat membuka pelatihan di Hotel Candisari Karanganyar.

    Apalagi ikan sebagai salah satu kekayaan di Kebumen memiliki nilai gizi yang tinggi dan baik untuk kesehatan. "Karena itu, perlu dilakukan upaya olahan ikan yang variatif," ujarnya.

    Potensi ikan yang melimpah dapat dimaksimalkan pemanfaatannya melalui produk-produk olahan ikan oleh para IKM. Salah satunya melalui inovasi produk yang diberikan dalam pelatihan selama tiga hari.

    Melalui pelatihan tersebut, kata dia, diharapkan para peserta dapat bertambah pengetahuan dan wawasannya. Serta memahami dengan baik, sehingga dapat meningkatkan ketrampilannya dalam pengolahan ikan.

    "Dengan demikian, setelah mengikuti pelatihan diharapkan akan ada perubahan, baik dalam variasi produk, jumlah produk, serta jangkauan pasar, sehingga pada akhirnya akan ada peningkatan pendapatan serta kesejahteraan," pungkasnya.(ori)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top