• Berita Terkini

    Wednesday, November 22, 2017

    Buaya Lukulo Muncul di Kutosari Kebumen, Bikin Heboh Warga

    fotoahmadsaefurrohman/ekspres
    KEBUMEN (kebumenekspres.com) - Kemunculan buaya muara kembali terjadi di sungai Lukulo. Terbaru, buaya muncul di bagian hilir sungai, tepatnya di belakang Ponpes Al Huda Jetis, Desa Kutosari Kecamatan, Kebumen,  Rabu (22/11/2017).

    Kemunculan buaya pertamakali dilihat oleh Buce (58) warga RT 04 RW 03 Desa Kutosari Kecamatan Kebumen sekitar pukul 07.00 WIB Rabu pagi. Saat itu Buce yang sedang bersih-bersih di depan rumahnya melihat sekor buaya mengambang di permukaan air.

    "Awalnya saya kira daun pisang. Setelah saya amati ternyata buaya besar sekali," katanya.


    Kabar adanya buaya yang berkeliaran di sungai wilayah Kutosari menyebar dengan sangat cepat. Tak lama kemudian, warga berbondong-bondong penasaran ingin menyaksikan kemunculan buaya.

    Benar saja. Buaya Lukulo di Kutosari berulang kali muncul ke
    permukaan air sungai. Buaya berukuran panjang tak kurang dari 5 meter itu terlihat tak menyadari tengah menjadi tontonan warga yang rela menunggui di pinggir sungai dari pagi sampai sore.

    "Besar banget, gemuk lagi sekitar setengah jam sekali buaya muncul saya sudah lihat ada 7 kali," celoteh Rifqi (17), salah satu santri pondok pesantren Al Huda yang menonton buaya bersama santri lain.

    Santi (20) warga Desa Pejagoan segaja datang ke lokasi untuk menyaksikan buaya yang sudah lama menggegerkan warga di sepanjang sungai Lukulo. "Saya tahu kabar katanya ada buaya belakang pondok. Ternyata besar buaya," katanya sembari mengendong anaknya.

    Di samping kemunculan buaya yang membuat penasaran warga namun sejumlah warga lainnya juga khawatir jika buaya naik ke darat seperti kejadian di Klirong beberapa waktu lalu. Kemunculan buaya tersebut sempat diporkan ke kepala Desa Kutosari untuk menindak lanjuti melaporkan tersebut.

    Kepala Desa Kutosari, Ma'ud, mengatakan pihaknya sudah mendapatkan laporan terkait kemunculan buaya di wilayahnya. Dia membenarkan adanya buaya di Kutosari.
     "Benar ada buaya muncul di sungai dekat permukiman warga," katanya.

    Ma'ud menghimbau kepada warganya yang rumahnya dekat dengan Sungai Lukulo untuk selalu waspada. "Harus selalu waspada apabila buaya muncul lagi, buaya binatang buas dan berbahaya," katanya.

    Dengan kemunculan di Kutosari, ini artinya buaya  Lukulo semakin sering muncul sejak pertama kali terpantau di Muara Sungai Lukulo persisnya di Desa Jagasima dan Tanggulangin Kecamatan Klirong empat bulan lalu. Lokasi itu berjarak sekitar 10 km. (saefur)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top