• Berita Terkini

    Wednesday, May 31, 2017

    Gombong kini Punya "Cakwe Damkar," harus Dicoba

    saefur/ekspres
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)-Teksturnya yang empuk dengan bumbu rasa ikan tengiri yang lezat, cakwe kedai Perari pas banget menjadi hidangan menu buka puasa, disantap hangat hangat dengan saus dan sambal.

    Siapa yang tak kenal dengan Cakwe. Makanan yang biasa disebut kue bantal satu ini banyak digandrungi anak anak muda hingga dewasa, dengan tekstur yang empuk, dan rasanya yang gurih, menjadi cemilan kala bersantai.

    Makanan asal Tiongkok yang mirip bantal guling satu ini diracik dengan bahan dasar tepung trigu, ragi, soda, ammonium bicarbonat dan garam yang dicamur menjadi adonan.

    Sugiarto, pemilik kedai Cakwe Perari, menuturkan semua bahan yang telah dicampur menjadi adonan didiamkan terlebih dahulu. "Adonan kalau sudah “mekar” dibuat seperti tongkat yang panjangnya kira kira 15-20 cm, lalu dua tongkat dilekatkan menjadi satu, kemudian digoreng akan melar panjangnya menjadi kira kira 25 cm, sampai berwarna coklat," katanya.

    Pemuda lajang yang masih berstatus anggota Pemadam Kebakaran Kebumen itu menjelaskan di kedai cakwe dan empek empek miliknya disajikan hangat hangat dengan ketimun, mie telor dan sambal diatasnya menjadi sensasi pedas yang berbeda. "Kita goreng langsung jadi jika beli masih hangat," jelasnya.

    Di Kedai Cakwe Perari tak hanya sediakan cakwe namun menu lainnya seperti empek empek dan aneka minuman. "Empek empeknya juga ada rasa ikan tengiri dan kapal selam," katanya bersama rekannya, Akbar.

    Kedai Cakwe Perari yang buka di Jalan Brigjen Katamso No 46 Keduangampel Kecamatan Gombong Kebumen tersebut juga melayani paket prasmanan, acara nikahan, dan ulang tahun. "Harganya pesanan dan eceran sama satunya buah seribu rupiah. Kita buka tiap hari, selepas piket, kadang bergantian setelah sif piket sore sampai malam," katanya.(saefur)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top