• Berita Terkini

    Thursday, September 22, 2016

    Pantai Laguna Lembupurwo,"Oase" Pantai Selatan Kebumen

    SAEFUR/EKSPRES
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Bercerita pesona wisata di Kebumen khususnya wisata pantai, seperti tak ada habisnya. Puluhan pantai terhampar di sepanjang garis selatan Kebumen. Salah satunya, obyek wisata  Pantai Laguna Lembupurwo di Kecamatan Mirit ini.

    Berlokasi Kebumen timur persisnya di Desa Lembupurwo Kecamatan Mirit, obwis ini mudah dijangkau lantaran berada sekitar 1,5 km arah Selatan dari Jalan Daendels, jalur alternatif Jogja-Cilacap-Banyumas. Jalan menuju ke tempat itupun sudah cukup bagus dan bisa dilewati kendaraan roda dua maupun roda empat.

    Pesona pantai dilengkapi hamparan menghijau hutan cemara menyambut wisatawan yang berkunjung. Di tengah hutan cemara inilah terdapat laguna air payau nan jernih. Tak berlebihan menyebut obwis ini sebagai oase di tengah panasnya pasir pantai.

    Menurut warga setempat, laguna itu terbentuk 15 tahun lalu dari muara sungai Wawar yang berada di wilayah tersebut. Awalnya, keberadaan muara Kali Wawar dikhawatirkan menggerus gumuk pasir yang berada di kawasan tersebut.

    Akhirnya, warga membuat kanal sungai untuk "memindahkan" arus sungai. Dan, di lokasi itu muncullah laguna seperti yang terlihat sekarang ini. Obyek wisata Pantai Laguna akan mencapai puncak kunjungannya pada acara grebeg Rowo yang biasanya jatuh pada hari kesembilan Idul Fitri. Selain itu, masyarakat juga memiliki tradisi sedekah laut pada bulan Sura.

    Shohib (32) selaku anggota Karang Taruna desa Lembupurwo yang sekaligus menjadi penjaga tiket dan berdagang di lokasi pantai mengatakan, di saat seperti itu tingkat kunjungan bisa mencapai sedikitnya 1500 pengunjung perhari. Kendati tak sebesar itu, tingkat kunjungan juga cukup banyak pada hari libur.

    Untuk tiket masuk, menurut Sohib, hanya diberlakukan pada hari libur. Yakni Rp 3000 untuk tiket dan Rp 3000 rupiah untuk biya parkir.

    Tak hanya menyajikan pemandangan eksotik saja, obwis Laguna Pantai Lembupurwo juga menyediakan kuliner khas pantai Kebumen yaitu tempe mendoan dan pecel. Makanan teresebut disediakan oleh warung warung yang ada di sekitar pantai. Harganya pun cukup murah pengunjung wisata hanya perlu mengeluarkan uang sebear Rp 15 ribu sudah termasuk minuman.

    Mayang (21) salah satu pengunjung pantai Lembupurwo asal Kabupaten Purworejo mengatakan sangat senang melihat keindahan pantai Laguna Lembupurwo. "Senang lihat pemandangan Laguna dan pantainya. Indah juga sejuk karena ini pohon cemaranya rimbun dan tinggi jadi enak panas panas untuk berteduh," katanya yang kemarin berkunjug bersama teman prianya, Roni (22).(saefur/cah)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top