• Berita Terkini

    Wednesday, July 13, 2016

    44 Pembina Pramuka Ikuti Kursus Kemahiran Dasar

    ISTIMEWA
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)– Sebanyak 44 peserta mengikuti Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) yang digelar oleh Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Kebumen.  Kursus Mahir tingkat dasar tersebut di buka langsung oleh Ketua Kwarcab Kebumen H Adi Pandoyo SH MSi didampingi oleh sekretaris Kwarcab Kebumen Edy Sukamsi SPd MPd.

    KMD ke 262 yang akan berlangsung selama enam hari kedepan (13-18 Juli) tersebut dilaksanakan di  SMP Negeri 1 Petanahan.
     
    Dalam sambutannya, H Adi Pandoyo SH MSi mengatakan, dengan adanya KMD yang dilaksanakan selama enam hari kedepan, diharapkan akan mencetak Pembina Pramuka yang berijasah KMD di Kwarcab Kebumen. “Semoga kegiatan KMD dapat berjalan lancar dan sesuai dengan jadwal yang ada,” tuturnya.

    Adi Pandoyo juga memberikan apresiasi yang tinggi kepada para peserta KMD. Terlebih bagi peserta yang saat ini masih menjadi Guru Tidak Tetap. Pada KMD kali ini mayoritas peserta berasal dari PNS. “Untuk peserta yang masih GTT saya beri dua jempol,” paparnya yang langsung disambut tepuk tangan para hadirin.

    Pembina Pramuka dapat membina dengan baik kepada para anggotanya, manakala ia mempunyai kompetansi yang memadai. Dan, salah satu cara untuk meningkatkan kompetensi pembina harus mengikuti KMD. Dengan mendapatkan sertifikat KMD, Pembina Pramuka mempunyai bukti kompetensi yang telah dimiliki. Dengan demikian maka pembina yang telah mempunyai sertifikat KMD komptensinya tidak diragukan lagi.

    Sementara itu, Kepala Pusdiklat Indrakila Kwarcab Kebumen Jaka Waluya SPd MPd mengatakan kegiatan kursus kali ini diikuti oleh Pembina Pramuka di wilayah Kwarran Petanahan. Kegiatan akan dilaksanakan dengan bentuk kegiatan Upacara, Olah Raga, Apel, Session, Praktek lapangan, Outdor game activity, wide game, api unggun dan evaluasi.

    “Semua kegiatan itu dimaksudkan untuk menyiapkan tenaga pendidik yang cukup dan terampil dalam bidang kepramukaan dan menyiapkan tenaga pendidik melalui pendidikan kepramukaan sehingga peserta didik menjadi manusia yang berakhlakul karimah serta menanamkan sikap mandiri, disiplin, demokratis, bertanggungjawab dan berdedikasi tinggi,” ucapnya sembari menambahkan kurikulum KMD kali ini terbagi menjadi sembilan modul dengan jumlah jam pelajaran 72 jampel. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top