• Berita Terkini

    Thursday, March 24, 2016

    DKD Kenalkan Gamelan di Lingkungan Pesantren

    SUDARNO AHMAD/EKSPRES
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Ditengah keterbatasan karena tak memiliki anggaran, Dewan Kesenian Daerah (DKD) Kebumen terus berkomitmen mengembangkan seni budaya. Yang teranyar, DKD bekerja sama dengan SMA Islam Al-Kahfi Somalangu Kebumen menyelenggarakan kegiatan pengenalan seni tradisional kepada komunitas santri.

    Semula kegiatan yang dilaksanakan pada Jumat (18/3), pukul 13.00 itu akan dilaksanakan di Pendopo Kabupaten Kebumen. Namun, karena di pendopo ada kegiatan lain, maka kegiatan akhirnya dilaksanakan dengan menggunakan fasilitas gamelan dari SMP Taman Dewasa Kebumen.

    DKD memfasiltasi peserta yang merupakan santri Pondok Pesantren Al-Kahfi Somalangu Kebumen. Mereka dikenalkan gamelan pada seni karawitan yang dipandu oleh Dalang Ki Bambang Cermo Budi Carito (Ketua DKD) dan Putut Ahmad Su’adi (Sekretaris DKD).

    Puluhan pelajar SMA Islam Al-Kahfi didampingi oleh guru pendamping itutampak antusias mengikuti kegiatan, dan dapat menerima materi  dengan baik.

    "Ini dalam rangka pelaksanaan program pengembangan dan pelestarian seni dan budaya daerah," kata Ketua Umum DKD Kebumen Pekik Sat Siswonirmolo, kepada Kebumen Ekspres, Selasa (22/3/2016).

    Adapun materi yang diberikan meliputi, pengenalan gamelan slendro pelog, yang dilanjutkan dengan praktek langsung nabuh gamelan. Bahkan kemudian berhasil menyelesaikan gendingan shalawat nabi.

    Sekretaris DKD, Putut Ahmad Su’adi menyampaikan ucapan terimakasih pada SMP Taman Dewasa Kebumen yang telah membantu terselenggaranya kegiatan tersebut. Dia juga menyatakan bahwa kegiatan tersebut  direncanakan kedepan akan berlanjut sebagai upaya untuk mengenalkan seni tradisi kepada para santri. Selain juga dalam rangka pengembangan bakat dan minat para santri. Sehingga diharapkan dapat memperluas cakrawala para siswa dan santri pada seni karawitan.(ori)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top