• Berita Terkini

    Senin, 30 Mei 2022

    450 Jamaah KBIH Al Huda Dilepas Bupati Kebumen


    KEBUMEN(kebumenekspres.com)-Sebanyak 450 peserta manasik haji dari Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) Al Huda Jetis Kutosari Kebumen dilepas oleh Bupati H Arif Sugiyanto SH. Pelepasan dilaksanakan depan Pendopo Kabumian Kebumen. Para jamaah akan menuju Firdaus Fatimah Zahra Semarang.

    Para peserta berangkat dengan sembilan bus. Perjalanan manasik tersebut merupakan miniatur perjalanan haji sesungguhnya. Yakni menggambarkan perjalanan haji dari Asrama Haji Donohudan hingga kembali ke Kebumen.


    Pelepasan peserta manasik haji oleh Bupati Arif didampingi Forkopimda. Tampak Pengasuh Pondok Pesantren Al Huda Jetis KH Wahib Machfudz, Wakil Direktur Yayasan Kholidiyah Abdul Munginsidi dan Ketua Pembimbing Manasik Haji KBIH Al Huda Jetis Gus Ulin Nuha Sodiq Suhaemi. Hadir pula Kasubag TU Kantor Kemenag Kebumen Khamid, Minggu (29/5/2022). 


    Wakil Direktur Yayasan Kholidiyah Abdul Munginsidi menyampaikan tahun 2022 ini terdapat 450 Calon Jamaah Haji di KBIH Al Huda. Dari jumlah tersebut 147 lulus dan akan diberangkatkan. Sedangkan sisanya ditunda karena faktor regulasi. “Pada manasik ini yang lulus maupun yang belum lulus mengikuti manasik haji,” tuturnya.

    Disampaikannya, Kebumen akan diberangkatkan pada Gelombang II, karena masuk dalam kloter 27 dan 28.  Ini artinya dalam perjalanan haji, jamaah akan ke Jedah atau Mekah dulu kemudian baru ke Madinah. “Begitu juga dalam praktik kali ini, juga menggambarkan perjalanan tersebut,” katanya.


    Setelah dilepas dari Pendopo Kabumian, Jamaah menuju Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT). Disana akan ganti baju ikhrom. Ini diibaratkan sebagia Asrama Haji Donohudan. Adapun miqodnya yakni di saat masuk Pintu Tol Kaligawe. Kemudian melaksanakan Tawaf dan Sai di Fatimah Zahra.


    Kemudian dilanjutkan Arafah,Muzdalifah dan Mina (Armuzna). Setelah itu Tawaf Wada. Jamaah kemudian Madihan yakni Masjid Nabawi. Perjalannan kemudian kembali di Kebumen. “Program ini rutun setiap tahun. Namun karena kemarin pandemi maka selama dua tahun tidak melaksanakan praktik manasih haji secara nyata sebagai miniatur perjalanan Haji Makah Madinah,” jelasnya.


    Sementara itu Bupati Kebumen H Arif Sugiyanto SH menyampaikan kepada para jamaah haji untuk senentiasa menjaga kesehatan dan kekompakan. Selain itu juga harus saling peduli sesama anggota. Untuk itu penting sekali mengenal antar anggota satu sama lain. "Perjalanan Haji merupakan perjalanan yang penuh rahmat. Jaga kesehatan dan senantiasa bersyukur," ucapnya. (mam)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top