• Berita Terkini

    HONDA BEAT

    Minggu, 17 Juni 2018

    Berikut Obwis di Kebumen yang Bisa Jadi Pilihan Selama Libur Lebaran

    KEBUMEN (kebumenekspres.com) - Tak lengkap rasanya berlebaran di Kabupaten Kebumen tanpa berekreasi ke obyek wisata (obwis) di Bumi Beriman ini . Apalagi, pada musim lebaran kali ini, para pengelola tempat-tempat wisata di Kabupaten Kebumen berlomba-lomba menyajikan aneka tawaran dan hiburan menarik. Apa saja?

    Saat ini tak terhitung destinasi wisata di Kebumen karena saking banyaknya. Untuk menyederhanakannya, kita bagi menjadi "tiga kategori" wisata yang ada di Kebumen. Ketiga kategori itu adalah obwis yang dikelola Pemkab Kebumen, obyek wisata yang dikelola desa serta tempat wisata yang dikelola pihak swasta.

    Untuk kategori wisata yang dikelola Pemkab, ada 9 dan sudah lebih dahulu dikenal publik. Yakni Obyek Wisata Goa Jatijajar Kecamatan Ayah, Goa Petruk yang juga masih di Kecamatan Ayah serta Pantai Logending di kecamatan Ayah Berikutnya, Goa dan Pantai Karangbolong di Kecamatan Buayan serta Pantai Suwuk di Kecamatan Puring.

    Lalu, Pantai Petanahan di Kecamatan Petanahan, Pemandian Air Panas (PAP) Krakal Kecamatan Alian, Waduk Sempor Kecamatan Sempor dan Waduk Wadaslintang.

    Untuk kategori swasta, ada obyek wisata keluarga dan sejarah Benteng Van Der Wijck Gombong, Alian Butterfly Park, serta Jembangan Wisata Alam (JWA).

    Sedangkan  obyek wisata yang dikelola desa, jumlahnya mencapai puluhan. Dinas Pariwisata Kabupaten Kebumen mencatat setidaknya ada 70 obwis ini. Jumlah itu diperkirakan akan terus bertambah, mengingat saat ini banyak desa yang membuat obwis-obwis rintisan.

    Untuk kategori ini, dapat kita sebutkan Pantai Menganti Kecamatan Ayah, Pantai Pecaron, Pantai Srati, Pantai Watubale, Pantai Sawangan, Pantai Karangagung, Argopeni, Pantai Bocor Desa Setrojenar Kecamatan Buluspesantren, Pantai Brecong, Pantai Ambal dan Pantai Lembupurwo Kecamatan Mirit. Wisata Kali Buntu Desa Tegalretno Kecamatan Petanahan.

    Masih ada juga wisata di kawasan gunung atau bukit seperti Bukit Hud Kecamatan Buayan, Gunung Pranji, Bukit Silangit Kecamatan Karanganyar, dan yang tergolong baru Brujul Adventure Park Pejagoan, WAP Tirto moyo Kecamatan Poncowarno dan masih banyak lagi.

    Yang tak boleh ditinggalkan, adanya rintisan obwis sungai Lukulo seperti Wiskuno Desa Maduretno Kecamatan Buluspesantren juga Ayamputih, Ambalkumolo hingga Desa Pandansari Kecamatan Klirong, hutan mangrove di Sungai Bodo Kecamatan Ayah serta masih banyak lagi.

    Nah, di musim lebaran kali ini, jenis-jenis wisata itu menyediakan paket khusus selama lebaran. Untuk obwis di kawasan Pantai mayoritas menyiapkan hiburan musik selain "menu" utama keindahan alam dan wahana permainan anak-anak.

    Di  wisata keluarga dan sejarah Benteng Van Der Wijck Gombong yang berlokasi di pusat Kota Gombong, pengelola menyiapkan aneka hiburan. Baik musik dangdut serta menghadirkan Band. Obwis ini juga tak hanya menyajikan wisata sejarah. Pengelola menyediakan banyak wahanan permainan anak-anak juga resort yang nyaman. Resort itu bahkan sudah seringkali dikunjungi tokoh nasional seperti Mantan Wapres Try Soetrisno dan istri almarhum Presiden keempat RI, Abdurrahman Wahid alias Gus Dur, Sinta Nuriyah Wahid.

    Sementara, di Wiskuno Maduretno menyajikan wisata susur sungai dan outbond PaintBall. Bahkan edisi lebaran ini, pengelola menggelar lomba memancing di Sungai yang bakal digelar Selasa (19/6/2018).

    Adapun wisata di kawasan bukit dan pegunungan, menyajikan keindahan alam, outbond dan wahana wisata yang tak kalah menarik. Jadi, tinggal memilih. Untuk memudahkan wisatawan, Pemkab Kebumen melalui Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga bahkan sudah menyediakan aplikasi "Plesir Kebumen" yang berisi panduan lengkap berwisata. Aplikasi itu bisa diunduh melalui ponsel lewat google play store.(cah)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top