• Berita Terkini

    Tuesday, March 20, 2018

    Tanamkan Budaya Menabung Lewat Bank Sekolah

    FOTOAYISWINATA
    KUTOWINANGUN - Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Muhammadiyah Kutowinangun memiliki cara cerdas untuk mendorong semangat menabung siswa-siswinya. Sekolah yang terletak di Jalan Pemuda Nomor 14 Kutowinangun, Kebumen ini mengembangkan bank mini di lingkungannya sendiri.

    Ban itu dinamakan Bank Mini Surya yang salah satu jenis usahnya bergerak dalam layanan unit simpan pinjam. Bank ini sendiri merupakan unit produksi program keahlian akutansi SMK Muhammadiyah Kutowinangun.

    “Pada awal berdirinya, bank mini surya ini merupakan bantuan fasilitas sekolah dalam pelayanan kredit guru dan pegawai serta memberikan kesempatan kepada siswanya untuk menyimpan uang mereka, " kata Ketua Program Keahlian Akutansi, Khusnul Khotimah saat ditemui Senin (19/3/2018).

    "Nasabahnya pun dulu terbatas program keahlian akutansi, hingga kini nasabah dari bank mini tidak terbatas pada program keahlian akutansi, melainkan seluruh warga sekolah dan masyarkat pada umumnya,” imbuh dia.

    Bank Mini Surya mulai beroperasi sejak tahun 2004, fungsinya sebagai laboratorium terapan program keahlian akutansi dan sekaligus untuk menunjang kegiatan pembelajaran praktik akutansi perbankan.

    Dimana, mulai dari nasabah hingga petugas pengelola banknya merupakan siswa-siswi SMK Muhammadiyah Kutowinangun. Sementara itu, untuk petugas bank, pihak sekolah mengambil beberapa siswa-siswi dari jurusan akuntansi. Terutama mereka yang sudah duduk di kelas XI dan XII. Sebelum diterima, siswa-siswi ini terlebih dahulu melewati tahapan seleksi dari segi minat dan semangatnya bekerja.

    “Penseleksian ini sangat perlu dilakukan agar pengelolaan bank mini surya bisa profesional. Selain karakter dan kecakapan dalam berkomunikasi, kami juga memperhatikan kerapian siswa dalam berpenampilan atau menulis,” kata Khusnul.

    Jenis tabungan yang ditawarkan bank mini surya cukup beragam, antara lain simpanan multiguna, simpanan pendidikan, simpanan wisuda purnasiswa dan simpanan hari raya. Selain pelayanan simpanan bank mini surya juga menawarkan pinjaman kepada nasabahnya.

    “Harapan kami kedepan, pemanfaatan bank mini surya sebagai laboratorum terapan program keahlian Akutansi bisa lebih maksimal, sehingga mampu membangkitkan semangat menabung siswa-siswi kami, serta memberikan pelayanan secara profesional bagi masyarakat,” pungkasnya. (Yis)

    Pengirim Ayis Winata


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top