• Berita Terkini

    Senin, 19 September 2022

    Warga Bumirejo Gelar Pilkaret Langsung, Cahyo Terpilih


    KEBUMEN(kebumenekspres.com)- Kesadaran akan demokrasi tembaknya tumbuh dengan baik di masyarakat. Ini terlihat dengan banyaknya pemilihan-pemilihan yang dilaksanakan secara demokrasi. Seperti halnya yang dilakukan oleh RT 1 RW 5 Bumirejo Kebumen. 


    Dimana masyarakat melaksanakan pemilihan RT (Pilkaret)  selayaknya pemilu. Masyarakat menjagokan tiga  calon untuk dipilih menjadi Ketua RT 01 RW 05. Diharapkan siapapun yang terpilh akan akan membawa kemajuan bagi lingkungan RT yang dipimpin. 


    Pemilihan sendiri dilaksanakan di halaman rumah milik warga Minggu (18/9/2022). Dimana ada sekitar 140 suara pemilih yang turut dalam pemilihan tersebut. 

    Ketua Panitia Pemilihan RT O1 RW 05 Farid Hidayat menuturkan sebelumnya masyarakat, telah memilih siapa saja yang akan diusung menjadi Ketua RT untuk lingkungannya. Ini  dengan cara setiap kepala keluarga mengajukan nama calon ketua RT. Usai mengajukan nama calon tersebut, akhirnya terpilih tiga orang teratas untuk mengikuti pemilihan Ketua RT 01, yakni Ahmad Mudakir, Muhctar dan juga Cahya Mardianto. 


    Dimana, hasil perhitungan suara terpilih Cahyo Mardianto sebagian Ketua RT 01 yang baru dengan total suara sebanyak 42 suara. Menyisihkan 2 kandidat lainnya yang masing masing mendapatkan 34 dan 23 suara. 


    Menurutnya, pemilihan kali ini memang dibuat semirip mungkin dengan pemilihan umum yang akan berlangsung pada 2024 mendatang. Masyarakat yang datang ke TPS, bisa langsung memberikan hak suaranya. 


    “Harapannya pemilihan ini adalah mengedepankan hak demokrasi supaya yang terpilih nanti bisa mengemban amanah warga RT 01 Kelurahan Bumirejo Kebumen," ujarnya. 

    Sementara itu Ketua RW 05 Kelurahan Bumirejo Kebumen  H  Bambang Agus Sulistiyo berterimakasih kasih kepada warga RT 01 yang telah memberikan hak suaranya di Pemilihan Ketua RT 2022. Menurutnya, pemilihan ini adalah salah satu upaya masyarakat untuk pembelajaran demokrasi di Indonesia. 

    Pihaknya, berharap kepada Ketua RT 01 yang baru kedepan bisa berkoordinasi dengan lingkungan RT lainnya dan juga Ketua RW setempat. Dengan begitu, semua kegiatan di lingkungan RW bisa terkoordinasi sesuai dengan perintah dari Kelurahan. 


    “Jadi Ketua RT kadang masih menjadi dilema. Ketua RT biasanya takut untuk berjuang dan dengan pemilihan ini tidak ada kata takut lagi karena semua masyarakat menyekuyung bareng, demi kemajuan lingkungannya," ujarnya. 


    Ketua RW Sebelumnya Hadi Wahyono menambahkan, dengan adanya Ketua RT yang baru ini bisa membawa lingkungan RT 01 RW 05 Kelurahan Bumirejo Kebumen menjadi lebih maju. Serta bisa membawa masyarakat untuk lebih perduli dengan lingkungan, salah satunya dengan kerja bakti membersihkan lingkungan. 

    "Saluran saluran perumahan limbah kemarin belum terselesaikan dan semoga dengan RT yang baru ini bisa segera terselesaikan, dengan berkoordinasi dengan masyarakat dan kelurahan," ucapnya. (mam)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top