• Berita Terkini

    Minggu, 28 Agustus 2022

    Ogoh-ogoh Gatotkaca hadir di Gemeksekti


    KEBUMEN(kebumenekspres.com)-Ogoh-ogoh Gatotkaca setinggi kisaran 3 meter memeriahkan kegiatan Jalan Sehat Semi Karnaval yang dilaksanakan di Desa Gemeksekti Kebumen. Selain itu beragam bentuk lainnya seperti tank dan lainnya juga turut menyemarakkan, Minggu (28/8/2022).


    Jalan Sehat yang dikemas semi karnaval tersebut juga disambut antusian oleh warga. Masyarakat secara swadaya menyelenggarakan kegiatan tersebut.

    Rute Jalan Sehat Semi Karnaval sendiri dilaksanakan mulai dari Dukuh Tanuraksan Desa Gemeksekti. Ini dengan menempuh jarak sekitar 4 kilometer. Masyarakat setiap RT di Desa tersebut dengan kompak mengikuti parade jalan sehat yang diadakan di Desa setempat. Tidak lupa mereka juga menampilkan potensi desa yang ada, yakni kain batik. 


    Kepala Desa Gemeksekti Suramin berterimakasih kepada warga masyarakat, yang telah kompak dan semangat mengikuti jalan sehat semi karnaval . Dengan adanya kegiatan tersebut  tentunya akan menambah silaturahmi antar masyarakat. 


    Pihaknya berharap, melalui momentum ini, akan membuat masyarakat semakin kompak. Kegiatan yang dilaksanakan merupakan bagian dari bentuk sinergitas antara Pemerintah Desa dan warga Desanya. 


    “Kemari pada 21 Agustus telah dilaksanakan gelara kuda lumping, senam bersama dan lomba senam aerobik. Malamnya, juga masih senam dan lomba hadroh serta rebana. Pagi hari ini puncak kegiatan dengan jalan sehat dan karnaval,” tuturnya. 


    Menurutnya, melalui jalan sehat semi karnaval itu, juga untuk mempromosikan potensi desa. Terlebih Desa Gemeksekti dikenal sebagai Kampung Batik di Kebumen. Banyak masyarakat, yang menampilkan batik hasil karya mereka dalam karnaval tersebut. Sehingga ke depan batik di desa ini akan lebih dikenal. 

    Pemerintah Desa juga telah menyiapkan berbagai hadiah untuk memberi semangat kepada warganya. Penilaian dilaksanakan oelh Forkopimcam Kebumen. Sehingga tim penilaian bersifat netral. 


    “Karnawal diikuti oleh 27 dari 29 RT.  Alhamdulillah pada pagi hari ini untuk kegiatan jalan sehat semi karnaval diikuti sekitar 3.000 warga Desa Gemeksekti,” paparnya. 


    Sementara itu, salah seorang peserta Karnaval yang juga Ketua RT 7 RW 01 Amran Hasibuan menyambut baik adanya jalan sehat yang diadakan oleh Desa Gemeksekti. Menurutnya, karnaval ini adalah momentum kebangkitan masyarakat usai pandemi Covid 19.

    Dikatakan, untuk meramaikan Jalan Sehat Semi Karnaval ini, lingkungan RT nya menyiapkan tema seni budaya. Yakni dengan membuat ogoh ogoh Gatotkaca setinggi  3 meter.

    Pembuatannya sendiri, memakan waktu selama 2 minggu. Biayanya dari hasil swadaya masyarakat. (mam)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top