• Berita Terkini

    Minggu, 28 Agustus 2022

    90 Peserta Ikuti Pemilihan Putra Putri Budaya Kebumen

     


    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Sebanyak 90 peserta baik dari Kebumen maupun luar Kebumen mengikuti acara fashion show kebaya Pemilihan Putra Putri Budaya 2022 yang dilaksanakan di Kelurahan Kebumen, Minggu (28/8/2022).


    Bupati Kebumen Arif Sugiyanto mengaku sangat mengapresiasi kegiatan kemarin. Even semacam ini, ujar Bupati, sangat baik untuk menumbuhkan kepercayaan diri anak, sekaligus mengembangkan bakatnya.


    "Ini tadi pesertanya ada yang baru umur 5 tahun, bayangkan anak di usia yang masih sangat dini itu sudah punya kepercayaan diri untuk tampil di publik, diliat banyak orang, tidak grogi, tidak takut. Mentalnya sudah diasah sejak masih kecil. Bagus sekali," ujar Bupati yang kemarin didaulat membuka acara tersebut bersama Ketua Tim Penggerak PKK Kebumen Iin Windarti 


    Bupati mendorong, kegiatan serupa bisa lebih sering digelar bahkan dengan skala lebih besar. Ia juga melihat Kebumen punya potensi dalam hal desainer pakaian dan juga para peraganya. "Tinggal butuh penguatan dan pendampingan. Kita mulai dari Kelurahan, kemudian naik ke Kecamatan lalu Kabupaten, Provinsi, dan terus sampai Tingkat Nasional, bahkan bisa Go Internasional. Bukan tidak mungkin itu bisa terjadi," terangnya.

    Sementara itu, Lurah Kebumen Juniadi Prasetyo menyatakan, kegiatan ini dibagi menjadi dua. Pertama perlombaan  Tingkat Kelurahan yang diikuti oleh warga Kelurahan Kebumen. Kemudian kedua, Tingkat Kabupaten untuk perebutan tropi piala Bupati.

    "Kalau untuk Tropi piala Bupati pesertanya ada dari Banyumas, Purworejo dan Wonosobo, masuk katagori prestasi dan motivasi. Kalau Tingkat Kelurahan pesertanya hanya dari kelurahan Kebumen. Total semua ada 90 peserta," ujar Juni.

    Pemilihan Putra Putri Budaya 2022 ini, kata dia, mengambil tema Kebaya karena  memang lebih variatif dan lebih simpel. Kebaya juga identik dengan pakaian adat yang lekat dengan budaya Jawanya.

    "Mereka yang tampil ini akan dinilai oleh 3 dewan juri yaitu dua dari Kebumen dan satu dewan juri dari luar Kebumen. Hadiahnya berupa tropi, piagam penghargaan dan uang Pembinaan," ujarnya.

    Kegiatan tersebut tambahnya merupakan rangkaian dari Perayaan Peringatan HUT RI ke 77 dan Hari Jadi Kebumen ke 393, dan ini baru kali pertama diadakan di Kelurahan Kebumen. Ia berharap kegiatan ini juga terus bisa dikembangkan lebih luas. "Saya juga mengucapkan terima kasih kepada Ibu Iin tadi sudah mau ikut fashion show sebagai tamu kehormatan dengan membawakan busana rancangan DMC desainer model community," tandasnya. (fur)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top