• Berita Terkini

    Minggu, 04 April 2021

    Keluarga Bupati Arif Jadi Yang Pertama Pendataan Penduduk Tahun 2021


    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Keluarga Bupati Kebumen Arif Sugiyanto menjadi sasaran pertama dalam Pendataan Penduduk Tahun 2021 di Kabupaten Kebumen. Pendataan dilakukan oleh Dinas Sosial Dan Pengendalian Penduduk Dan Keluarga Berencana (Dinsos PPKB) Kabupaten Kebumen


    Sensus dilakukan di di Ruang Transit Pendopo Rumah Dinas Bupati Kebumen, Kamis (1/4/2021). Pelaksanaan pendataan penduduk 2021 ini dilaksanakan dengan dua metode yaitu pengisian formulir secara luring (wawancara) dan pengisian formulir secara daring.


    Bupati beserta istri, Iin Windarti, menjawab beberapa pertanyaan terkait data keluarga yang diajukan oleh petugas pendata. Kegiatan ini dilaksanakan di Ruang Transit Pendopo Rumah Dinas Bupati Kebumen. Hadir dalam kesempatan tersebut Kepala Dinsos PPKB Kebumen, Lurah Bumirejo, serta sejumlah pejabat lain.


    Bupati Kebumen H Arif Sugiyanto SH, mengatakan pendataan ini dilakukan untuk memotret atau mengetahui dengan benar kondisi keluarga, yang selanjutnya akan digunakan sebagai dasar BKKBN, guna membangun keluarga berkualitas. Pendataan pertama kalinya pada Pendataan Penduduk Tahun 2021 di Kabupaten Kebumen tersebut diprakarsai oleh Dinas Sosial Dan Pengendalian Penduduk Dan Keluarga Berencana (Dinsos PPKB) Kabupaten Kebumen. Adapun Kegiatan pendataan penduduk ini merupakan kegiatan rutin yang diadakan setiap lima tahun sekali.


    “Hari ini kita telah melaksanakan pendataan, ini adalah wujud kita selaku warga Kabupaten Kebumen agar pendataan semakin baik menuju Kabupaten Kebumen yang sejahtera, mari kita sukseskan pendataan keluarga tahun 2021,”, ujar Bupati Kebumen Arif Sugiyanto usai menerima tim pendataan keluarga tahun 2021.


    Selain itu, Arif mengungkapkan, pendataan ini harusnya dilakukan pada 2020, namun karna pandemi covid akhirnya baru dilaksanakan di tahun 2021 ini. Proses pendataan keluarga ini juga dilakukan oleh kader petugas pendata BKKBN terlatih serta penyuluh Keluarga Berencana di seluruh Indonesia dan rutin setiap lima tahun sekali untuk penyusunan kebijakan pembangunan baik tingkat daerah maupun nasional.


    Lebih jauh kata Arif kegiatan pendataan penduduk 2021 diharapkan dapat berjalan dengan lancar, seluruh keluarga di Kabupaten Kebumen dapat terdata, dan data yang dihasilkan merupakan data yang valid. Tak hanya itu pelaksanaan pendataan ini diharapkan dapat berjala lancar dan masyarakat bisa bersikap kooperatif, serta memberikan data yang benar. Dengan begitu data yang dihasilkan akan valid. Terlebih ini untuk mewujudkan Kebumen semakin baik dan sejahtera. Tak hanya itu data tersebut berpesan dalam penyusunan kebijakan pembangunan baik tingkat daerah maupun nasional.


    "Mari sukseskan program ini, kami berpesan kepada para kader pendata untuk melaksanakan tugasnya dengan baik dan tetap menerapkan protokol kesehatan," katanya. (fur)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top