• Berita Terkini

    Jumat, 04 September 2020

    Pegawai dan Napi Rutan Puworejo Jalani Tes Urine

    PURWOREJO- Puluhan pegawai dan napi Rumah Tahanan (Rutan) kelas IIB Purworejo menjalani tes urin. Aksi ini dilakukan sebagai upaya pencegahan, pemberantasan, penyalahgunaan dan peredaran gelap Narkoba (P4GN).

    Dalam kesempatan tersebut, rutan kelas IIB Purworejo, bekerjasama dengan Polres Purworejo dan Dinas Kesehatan Purworejo dengan sasaran kegiatan tes urin narkotika bagi pegawai dan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) serta Skrining HIV bagi WBP di aula Baharuddin Loppa.

    “Kegiatan ini dilaksanakan berdasarkan Surat dari Kepala Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah, Nomor: W13.UM.01.01-755, Tanggal 27 Agustus 2020, dengan hal Pelaksanaan Tes Urine Mandiri bagi Petugas dan WBP di Lapas/Rutan,” ungkap Kepala Rutan Kelas IIB Purworejo, Lukman Agung Widodo.

    Lebih lanjut dikatakannya, pemeriksaan tes urine narkoba itu dilakukan secara bergantian pada 60 orang pegawai, disaksikan oleh Petugas Polres Purworejo dan Dinas Kesehatan Kabupaten Purworejo dan dilanjutkan dengan pemeriksaan terhadap seluruh WBP.

    “Kegiatan pemeriksaan tes urine narkoba serta skrining HIV ini sebagai langkah progresif dan serius dalam upaya pemberantasan peredaran gelap narkoba di dalam lingkungan Rutan Purworejo. Selain itu, ini sebagai bentuk peduli terhadap kondisi kesehatan WBP, sehingga dilaksanakan Skrinning HIV sebagai langkah preventif dengan melakukan deteksi dini,” jelasnya.

    Dari kegiatan itu, diperoleh hasil yaitu nihil Narkoba, baik pegawai maupun WBP. Sedangkan hasil skrining HIV yaitu non reaktif bagi 128 orang WBP.(ndi)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top