• Berita Terkini

    Minggu, 17 Mei 2020

    Perawat Dinyatakan Positif, "Corona Kebumen" Jadi 33 Kasus

    KEBUMEN (kebumenekspres.com) -Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Kebumen kembali mengumumkan empat pasien positif corona (Covid-19). Dengan demikian jumlah pasien positif corona di Kebumen menjadi 33 orang.Jumlah tersebut kemungkinan masih akan bertambah mengingat masih banyaknya rapid test.

    Adapun keempat pasien tersebut yakni berinisial S (69) laki-laki rujukan RS Purbowangi Asal Kecamatan Ayah. Selain itu juga S (43) rujukan PKU Muhammadiyah Gombong. Selanjutnya ES (54) laki-laki Kebumen  dan Ukh perempuan asal Kecamatan Petanahan.  Satu diantara orang empat ini diketahui merupakan perawat.  “Demikian jumlah pasien positif corona 33 orang,” ungkap Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kebumen Cokroaminoto, Minggu (17/5/2020).

    Cokroaminoto menjelaskan, pasien ES warga Kecamatan Kebumen dinyatakan positif berasal dari rujukan tes swab rumah sakit darurat. Sedangkan UK merupakan rujukan laboratorium dari PKU Muhammadiyah Pertahanan.

    Selain penambahan dua positif, Cokro juga menyebut terdapat tambahan kasus sembuh yaitu satu orang berinisial RCP laki-laki berusia 33 tahun.  "Hingga hari ini ODP tercatat 2.700 orang dengan 128 orang masih dalam pemantauan. PDP tercatat 173 orang dengan 27 masih dalam pengawasan," imbuhnya.

    Sementara Sekretaris Dinas Kesehatan Kebumen Kusbiyantoro mengungkapkan, ES diketahui memiliki riwayat perjalan dari Sulawesi yang pulang 23 Maret 2020. Setelahnya muncul gejala sesak nafas kemudian menjalani rapid tes dua kali dan yang kedua 11 Maret reaktif. Kemudian dilakukan uji swab kepada pasien dengan hasil positif. "UK memiliki kontak erat dengan pasien positif corona yang pernah menjalani perjalanan dari Sulawesi," jelasnya.

    Dijelaskan pula S yang merupakan rujukan laboratorium dari RS Purbowangi merupakan seorang petani. Akan tetapi warga Kecamatan Ayah ini pernah kontak dengan pasien positif. Sedangkan S yang rujukan PKU Muhammadiyah Gombong merupakan perawat. "Keduanya dirawat di rumah sakit yang merujuk dan kondisinya kian membaik," katanya.

    Cokro Aminoto menyampaikan Gugus Tugas mengimbau kepada seluruh komponen masyarakat untuk terus melakukan upaya percepatan penanganan Covid-19 di Kebumen. Ini dilaksankana dengan  sering mencuci tangan pakai sabun di air mengalir. Selain tetap tinggal di rumah dan menjaga jarak aman ketika berkomunikasi. Warga dihimbau untuk  tidak melakukan kegiatan kumpul-kumpul dengan orang banyak. Jika harus keluar rumah, untuk mengenakan masker. Selain itu tetap tenang dan tidak panik dan senantiasa berdoa. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top