• Berita Terkini

    Kamis, 14 Mei 2020

    Cerita Kastur Soal Janur Kuning Bisa Obati Corona, Boleh Percaya Boleh Tidak

    KEBUMEN(kebumenekspres.com)- Kastur (63), seorang kakek warga RT 5 RW 1 Desa Wero Kecamatan Gombong punya cerita menarik soal corona. Bukan lantaran ia positif corona, justru sebaliknya. Kastur mengklaim janur atau daun kelapa muda bisa menangkal wabah yang sudah mengglobal dan belum diketahui kapan akan berakhir itu.

    "Boleh percaya bisa tidak, tapi ini saya dapat dari wangsit. Janur kuning bisa menolak bala corona. Caranya pasang di pintu utama rumah," katanya ditemui kemarin.

    Menurutnya, sudah ada warga yang sudah menggunakan cara itu. Di Jogjakarta, misalnya. Warga disana malah tidak hanya memasang janur kuning, tapi juga ditambah dengan sayur lodeh 7 macam.

    Mbah Kastur lantas menjelaskan mengapa janur kuning pantas dicoba untuk menolak bala wabah corona. Janur kuning, kata dia, memiliki tempat yang istimewa di hati masyarakat Jawa. Janur telah dipercaya berabad-abad sebagai simbol penolak pagebluk (wabah).

    "Meski tidak semua masyarakat mempercayainya, namun tidak ada salahnya bagi masyarakat yang ini menggunakan itu. Yang terpenting ialah tidak lupa berdoa dan hanya meminta pada sang pencipta, dalam hal ini Alloh SWT," ujar pria yang dikenal sebagai kasepuhan itu.

    Meski demikian, Mbah Kastur menyadari tidak semua kalangan mempercayai apa yang ia katakan dan yakini tersebut. Hanya saja, di tengah pandemi corona saat ini menurutnya tidak ada salahnya warga mencoba menggunakan janur kuning sebagai penolak bala.

    Toh, tidak ada ruginya. Lagipula, janur kuning mudah didapatkan di sekitar rumah. "Sekali lagi saya katakana, saya hanya menyampaikan sesuai dengan wangsit yang saya dapat. Selebihnya tinggal keyakinan masyarakat. Intinya yang terpenting selalu dilandasi dengan keyakinan hanya kepada Alloh SWT, jangan karna janurnya, itu cuma lantaran saja, " imbuh Mbah Kastur.(cah)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top