• Berita Terkini

    Jumat, 24 April 2020

    Pandemi Corona, Pesantren MIBS Peduli Dhuafa

    KEBUMEN(kebumenekspres.com)-Musibah pandemi Covid-19 yang terjadi sejak awal Maret 2020 di Indonesia berdampak hingga ke berbagai sendi kehidupan masyarakat. Di Kebumen sendiri, dampak musibah ini dirasakan oleh semua lapisan masyarakat.

    Banyak aktivitas keseharian warga, yang terpaksa harus berhenti dalam rangka upaya memutuskan mata rantai penularan Covid-19 dan mematuhi  aturan pemerintahan. Para pekerja yang biasaya beraktivitas untuk mengais rizki, untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarga, akhirnya berhenti sementara. Ini tentu menjadi permasalahan serius bagi masyarakat pada umumnya.

    Pesantren Muhammadiyah Integrated Boarding School (MIBS) Kebumen bersama dengan LAZISMU Kantor Layanan MIBS pun melakukan bakti sosial. Ini berupa pemberian sembako dan Masker gratis kepada warga sekitar dan masyarakat di seputar Kecamatan Kebumen.

    Sebanyak 274 paket sembako dan 430 masker dibagikan kepada warga masyarakat yang dianggap paling merasakan dampak pandemi Covid-19. Kegiatan tersebut dilaksanakan beberapa waktu lalu.
    Kegiatan baksos merupakan wujud nyata kepedulian Pesantren MIBS Kebumen kepada masyarakat. Dalam kegiatan baksos ini anak-anak bahkan para orang tua santri pun ikut terlibat. Mereka memberikan dukungan dan sumbangan. Para santri/Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) ikut dilibatkan untuk memberikan pendidikan secara langsung.
    Ini biar bisa ikut merasakan dan menghayati tentang indahnya berbagi kepada orang-orang yang membutuhkan uluran tangan. Hal ini sesuai dengan tujuan pendidikan di Muhammadiyah sebagai mana pesan pendiri Persayarikatan Muhammadiyah KH Ahmad Dahlan  yakni membentuk generasi yang mau berjuang untuk masyarakat.

    Kepala Sekolah SMP-SMA MIBS Kebumen Khamim Mustofa dalam kesempatan itu berpesan kepada para santri. Ini agar semua tetap berhati-hati dan tetap memperhatikan prosedur kesehatan dalam rangka pencegahan Covid-19. Harus menggunakan masker, jaga jarak dan cuci tangan.

    “Jangan lupa selalu berhati-hati, jaga jarak dan jaga akhlaq. Selalu tunjukkan perilaku yang baik, sopan, santun, kepada masyarakat. Ini akan menjadi pengalaman penting untuk kalian semua, yang Insya Alloh akan menjadi pembelajaran sebagai salah satu bekal di masa yang akan datang,” tuturnya.
    Sekretaris Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kebumen Ustadz Muaan Anafayi menyampaikan ucapan terima kasih kepada para pejuang, relawan LAZISMU Kantor Layanan MIBS Kebumen. Selain itu kepada guru dan karyawan yang sudah ikut berperan mensukseskan acara tersebut.

    “Hari ini kita bersama-sama seluruh di seluruh Indonesia, melaksanakan pentasyarufan bingkisan sembako kepada masyarakat yang terdampak Covid-19 bersama dengan LAZISMU, MDMC, Aisyiyah, dan lain-lain. Bergerak bersama memberikan solusi dan memberikan manfaat untuk masyarakat. Semoga menjadi amal sholih kita semua. Aamiin,” katanya.

    Direktur MIBS juga menyampaikan pentasyarufan ini harus tepat sasaran. Yakni kepada masyarakat yang secara ekonomi mengalami dampak serius akibat pandemi Covid-19. “Program Pesantren MIBS kebumen Peduli Dhuafa ini Iberlanjut untuk pentasyarufan tahap kedua menjelang Idul Fitri, yaitu penthasarufan zakat fitrah. Mudah-mudahan kegiatan ini dapat berjalan lancar dan mendapat ridho Allah SWT,” ucapnya. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top