• Berita Terkini

    Jumat, 27 Maret 2020

    Pemkab Kebumen Himbau Warga di Perantauan Tunda Mudik

    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Wakil Bupati Kebumen, Arif Sugiyanto, menghimbau warga Kebumen yang saat ini berada di perantauan tidak mudik terlebih dahulu. Terlebih bagi warga yang selama ini tinggal di daerah yang masuk kategori zona merah virus corona (Covid-19).

    "Dengan tidak mengurangi rasa hormat, kami menghimbau warga di perantauan seperti Jakarta, Bandung, Solo dan daerah-daerah lain yang sudah masuk zona merah covid-19 tidak mudik dulu. Menunggu sampai virus ini dapat teratasi," ujar Arif ditemui Jumat (27/3/2020).

    Arif meminta, himbauan ini diperhatikan. Termasuk saat lebaran nanti, warga Kebumen diminta tidak mudik dulu. Mengingat situasi saat ini  corona tengah menjadi bencana nasional. Bahkan di Kebumen sudah ada satu warga yang positif dan meninggal dunia.

    Terkait hal itu, Arif menyampaikan Pemkab tengah berupaya keras menanggulangi persebaran covid-19. Seperti hari tadi, pemkab bersama warga melakukan penyemprotan desinfektan massal.

    Di saat yang sama, Arif menghimbau agar warga yang sudah telanjur mudik untuk rela memmeriksakan diri kepada petugas dinas kesehatan setempat.

    Adapun bagi warga Kebumen diminta bersama-sama menjaga diri dan keluarga.

    "Kurangi kegiatan di luar rumah. Lakukan penyemprotan desinfektan massal sendiri dengan peralatan di sekitar. Seperti sabun atau deterjen. Bagus nya 3 kali dalam sehari namun setidaknya setiap warga dapat melaksanakan satu kali perhari di rumahnya masing-masing. Selain itu melapor kepada petugas kesehatan atau RT RW bila ada warga yang menunjukkan gejala sakit mirip corona," ujar Arif.

    "Bagi warga yang baru pulang dari luar daerah kami minta kesediaannya untuk memeriksakan diri kepada petugas kesehatan terdekat. Tak kalah penting, warga kami minta tidak mudah menyebar berita apalagi informasi hoaxs terkait covid19," imbu dia.(fur/cah)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top