BPJS

BPJS
  • Berita Terkini

    HONDA SUPRA GTR

    Jumat, 15 November 2019

    NU Beberkan Kriteria Cabup Kebumen

    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kebumen akan berlangsung pada tahun 2020 mendatang. Organisasi Islam terbesar dalam hal ini Nadlatul Ulama (NU) membeberkan kriteria Cabup/Cawabup  yang sesuai untuk Kebumen.

    Terkait dengan Pilkada, hingga kini di Kebumen baru PDI Perjuangan menjadi satu-satunya partai yang telah melaksanakan penjaringan secara terbuka. Adapun Partai Gerindra telah melaksanakan penjaringan, namun dilaksanakan secara tertutup.

    Ketua Thanfidziah PCNU Kebumen KH Drs Moh Dawamudin Masdar MAg menyampaikan kepada siapapun rekom PDI Perjuangan jatuh semua pihak harus legowo. Adapun NU sendiri tetap tidak akan masuk terlalu dalam terhadap persoalan hiruk pikuk Pilkada. Pasalnya persoalan pencalonan bupati dan wabup domainnya partai politik. “Pada pelaksanaan pilkada nantinya, NU sendiri tetap tidak akan masuk terlalu dalam terhadap persoalan hiruk pikuk Pilkada,” tuturnya, Kamis (14/11/2019).

    Saat disinggung mengenai kriteria seperti Cabup/Cawabup yang diharapkan oleh NU, KH Moh Dawamudin menyampaikan setidaknya terdapat enam kriteria. Yang pertama yakni figur yang religius, nasionalis dan pluralis. Selain itu Cabup/Cawabup juga mempunyai kapasitas untuk memenej birokrasi. Sehingga ke depannya Kebumen akan semakin baik.

    Kriteria selajutnya yakni Cabup/Cawabup mengerti dan memahami persoalan riil di Kebumen dan juga mampu mencari solusinya. Cabup/Cawabup juga harus dekat dengan rakyat.  Menurut KH Dawamudin yang tidak kalah penting yakni Cabup/Cawabup dekat dan memahami aspirasi para ulama atau kyai.

    “Adapun kriteria terakhir yakni memiliki integritas yang kuat untuk tidak mencari "berkat" di Kebumen. Namun justru harus bisa menurunkan "berkat"  untuk masyarakat Kebumen,” katanya.

    Kendati NU tidak akan masuk terlalu dalam pada ranah politik, namun NU juga berkewajiban mengawal agar Pilkada dapat berjalan dengan tertib dan aman sesuai dengan regulasi yang ada. “Dalam kontek tersebut NU memang berkewajiban memberi jawaban ketika ditanya "Sebaiknya warga NU pilih siapa atau yang mana?," ungkapnya.

    Saat disinggung bacalon bupati dan wakil bupati siapa yang telah sesuai, KH Dawamudin menegaskan, dari beberapa calon yang telah mendaftar di PDI Perjuangan setidaknya terdapat lima orang. Kendati demikian pihaknya enggan menyebutkan siapa-siapanya. “Terdapat lima orang yang telah masuk kriteria, namun soal nama, nanti dulu,” ucapnya. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top