HONDA VARIO

  • Berita Terkini

    Sabtu, 16 Februari 2019

    Omah Organik Jadi Tempat Belajar Menyenangkan

    ISTIMEWA
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)-Belajar akan lebih mudah dilaksanakan saat dilakukan dengan menyenangkan. Di Kebumen salah satu tempat yang kerap dikunjungi para siswa untuk belajar di luar ruangan yakni Omah Organik yang berada di Desa Adikarto Kecamatan Adimulyo. Di omah organik tersebut para siswa dapat belajar banyak hal, mulai dari menanam hingga pemanfaatan limbah peternakan.

    Hal inilah yang dilaksanakan oleh Sekolah Alam MI Muhammadiyah Klopogodo Kecamatan Gombong, beberapa waktu lalu. Sekolah alam yang Islami berbasis pondok pesantren ini, mengajak 60 siswanya belajar banyak hal di Omah Organik. Di tempat tersebut para siswa melaksanakan kegiatan Outdoor Study Kelas II Wisata Edukasi.

    Dalam kegiatan itu para siswa belajar menanam pohon, membuat pupuk organik, dan mengenal ternak. Kegiatan bertambah asyik, saat para siswa menikmati keindahan taman, terapi ikan dan berenang.  Tidak pernah ketinggalan pula para siswa  melaksanakan Muroja'ah Tahfidz, Sholat Dhuha dan Sholat Berjama'ah. Ini dilaksanakan mengingat  Sekolah Alam MI Muhammadiyah Klopogodo memang berbasis pesantren. “Di Zaman Now tidak cukup intelegensi saja, namun keterampilan hidup dan  aqidah perlu ditanamkan sejak dini,” Ira Qonita pemilik Omah Organik.

    Omah Organik Adikarto memang menjadi favorit sekolah sebagai tempat wisata edukasi. Catatan koran ini, SD Alam Lukulo Pejagoan juga telah beberapa kali melaksanakan kunjungan ke tempat tersebut. Bahkan dalam kegiatan para siswa menginap di Omah Organik.

    Para siswa dapat belajat tentang kemandirian, kepemimpinan, sosialisasi dengan masyarakat dan adaptasi dengan lingkungan. Kegiatan lainya yakni belajar memanen jamur, membuat pupuk cair dengan bahan limbah rumah tangga. Selain itu juga menanam tanaman, memberi makan ternak dan masih banyak lagi.

    Ira Qonita menyampaikan rasa terima kasih atas kunjungan para siswa. Pihaknya akan terus melakukan pembenahan dan penyempurnaan omah organik. Sehingga kedepannya kondisi rumah organik akan semakin baik. Para siswa dapat menimba ilmu dengan suasana riang gembira dan menyenangkan. “Ini penting untuk mengenalkan para siswa tentang mencintai lingkungan.,” ucapnya. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top