HONDA BEAT

  • Berita Terkini

    Minggu, 24 Februari 2019

    2019, Semua Warga Kebumen Ditarget Ikut Program JKN KIS

    Wahyu Giyanto SE MM
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- BPJS Kesehatan Cabang Kebumen terus berupaya untuk melindungi kesehatan semua masyarakat di tiga Kabupaten yakni Kebumen, Purworejo dan Wonosobo dengan program JKN KIS. Hal itu dilakukan BPJS dengan terus bersinergi dengan pemerintah daerah.

    Kepala BPJS Cabang Kebumen, Wahyu Giyanto SE MM, mengatakan sinergitas itu dijalin bersama dengan Dinas Kesehatan,Disdukcapil, Rumah sakit dan Klinik kesehatan di tiga kabupaten. Program JKN KIS ini akan terus digencarkan sampai dengan tingkat kelurahan.

    "Ini untuk percepatan universal health coverage program Jaminan Kesehatan Nasional - Kartu Indonesia Sehat atau JKN–KIS di wilayah Kebumen," katanya,  Sabtu (23/2/2019).

    Seperti yang telah dilakukan oleh BPJS Kesehatan Cabang Kebumen pada Kamis 21 Februari 2019 lalu. Saat itu,  BPJS Kesehatan Cabang Kebumen menggelar kegiatan spotcheck di masyarakat. Hal itu bertujuan untuk memastikan semua warga miskin didaftarkan oleh pemerintah Desa Banjareja Kecamatan Puring memiliki Kartu JKN KIS.

    Wahyu Giyanto, menuturkan, ada beberapa hal yang sudah disiapkan dalam rangka percepatan penjaminan kesehatan masyarakat. Diantaranya, menyosialisasikan Mobile JKN KIS hingga tingkat kecamatan dengan harapan warga dapat lebih dekat saat mendaftar dan mengubah data tanpa harus ke Kantor BPJS.

    "Mobile Customer Care ini akan menuju ke kecamatan. Bahkan tingkat kelurahan. Ini dilakukan untuk memudahkan pendaftaran dan perubahan data, penyiapan fasilitas kesehatan," ungkapnya.

    Pihaknya juga bekerja sama dengan beberapa perusahaan – perusahaan untuk program Donasi pembayaran iurann JKN KIS.  Kemudahan lain adalah Kemudahan Pembayaran, melalui Auto debit melalui BNI, Mandiri BRI dan BCA.

    Wahyu Giyanto juga menyampaikan, Cakupan kepesertaan JKN-KIS di Kantor Cabang Kebumen Yang Wilayah Kerjanya Kabupaten Kebumen, Kabupaten Wonosobo, dan Kabupaten Purworejo, saat ini capaiannya sudah mencapai 78.80 %. Atau 2.377.688 dari total penduduk yang berjumlah 3.017.314.  "Kami targetkan pertengahan tahun 2019 ini seluruh masyarakat sudah bisa terlindungi dan terdaftar di program JKN-KIS,"kata Wahyu. (fur)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top