• Berita Terkini

    HONDA BEAT

    Jumat, 11 Januari 2019

    BPJS Cabang Kebumen Jalin Kerja Sama dengan 25 RS

    saefur Rohman / Kebumen Ekspres
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Sebanyak 25 rumah sakit swasta dan pemerintah di tiga kabupaten yakni Kebumen, Purworejo, Wonosobo menandatangani Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Kebumen untuk melanjutkan kerja sama provider di tahun 2019, Rabu (9/1/2019).

    Ada sebanyak 86 puskesmas 113 DPP, 254 klinik umum dan dokter gigi, fasilitas kesehatan pemerintah type C, D, 5 unit RS khusus 18 pemerintah, 25 rumah sakit swasta TNI dan Polri, dan 3 rumah sakit pemerintah di Kabupaten Kebumen, Purworejo dan Wonosobo menandatangi Perjanjian Kerja Sama (PKS) di Aula lantai tiga gedung BPJS Cabang Kebumen.

    Kepala BPJS Cabang Kebumen, Wahyu Giyanto, mengatakan adanya penandatangan Perjanjian Kerja Sama (PKS) itu untuk menyiapkan fasilitas kesehatan (Fakes) tingkat pertama dan tingkat lanjutan, yang bertujuan di tahun 2019 untuk meratakan selurh warga masyarakat mendapat jaminan kesehatan dari BPJS. "Kita bersama dengan dinas kesehatan melaksanakan Universal Health Covery cakupan semesta sehingga di tahun ini semua masyarkat Kebumen terlindungi BPJS," katanya.

    Acara penandatanganan yang dihadiri oleh para direktur rumah sakit swasta dan pemerintah 3 kabupaten itu berlangsung lancar. Penandatangan tumpukan berkas tebal berisikan kesepakatan kerjasama fasilitas kesehatan itu berlangsung singkat sekitar 10 menit perwakilan rumah sakit menandatangani dihadapan para peserta yang hadir.

    Direktur RSUD Dokter Citro Wardoyo Kabupaten Purworejo, Gustanul Arifin mengatakan, penandatangan itu menurutnya untuk menjadi nota kesepahaman antara pihak rumah sakit dan BPJS. Dengan adanya hal itu pihaknya bisa melakukan pelayanan kesehatan kepada para peserta BPJS secara maksimal.  "Jika tidak ada MOU maka terkesan seperti liar, namun dengan adanya nota kesepahaman ini akan lebih mudah dan jangan sampai ada dusta diantara kita, dengan kerja sama ini kami bisa melayani peserta BPJS lebih baik," katanya.

    Sementara itu, peserta pemandatangan lain, Direktur Rumah Sakit Islam, RSI Wonosobo, Dr H Sudibyo Juwono MPH, mengatakan pihaknya berharap adanya penandatangan kerjasama ini supaya lancar tidak ada keterlambatan. "Harapannya dari kerja sama kita yang sudah lama, terus berlanjut dan lancar tidak ada keterlambatan," katanya ditemui Ekspres usai penandatanganan.

    Selain itu sebelumnya BPJS Cabang Kebumen telah menandatangani kerja sama fasilitas kesehatan tingkat pertama di Kabupaten Purworejo. "Kami tandatangani bersama.dinas kesehatan Kabupaten Purworejo" tambah Wahyu.

    Wahyu Giyanto menambahkan, dengan adanya perjanjian dan penandatanganan itu pihaknya terus berkomitmen untuk melayani perserta BPJS degan baik. "Harapannya komitmen semua faskes untuk melayani perserta dengan baik, baik faskes ditingkat pertama maupun tingkat lanjutan," pungkas Wahyu Giyanto.

    Saat ini capaian BPJS terhadap masyarakat peserta jaminan kesehatan BPJS di Kabupaten.Kebumen baru mencapai angka 83, 57 % dari jumlah penduduk 1.370.157 jiwa, sementara Kabupaten Wonosobo 74 % dari 867.484 dan Kabupaten Purworejo 74,06 % dari jumlah penduduk 778.637 jiwa. (Saefur

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top