HONDA BEAT

  • Berita Terkini

    Jumat, 11 Januari 2019

    Warga Desa Peneket Diajak Perangi Berita Hoax

    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Puluhan peserta antusias mengikuri sosialisasi citizen jurnalism atau jurnalisme warga yang digelar mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) IANU Kebumen, di Balai Desa Peneket Kecamatan Ambal,  Rabu (9/1/2019).  Dalam kesempatan itu, para peserta juga diajak untuk bijak menggunakan internet dengan baik dan memerangi berita bohong alias hoax.

    Acara sosialisasi citizen jurnalism itu dihadiri sejumlah unsur tokoh masyarakat, terdiri dari perangkat desa, dan anggota Karang Taruna. Adapun narasumber, Fikria Najitama MSi salah satu dosen IAINU Kebumen. Dalam kesempatan itu Fikria menjelaskan materi pentingnya menjadi seorang jurnalis warga yang berperan di era media internet seperti sekarang ini.

    "Penting bagi masyakarat menjadi seorang jurnalis warga. Apalagi di era berkembangnya internet dan media sosial (medsos) saat ini. Dengan menjadi jurnalis warga masyarakat dapat mengangkat potensi yang ada di desanya," ungkapnya.

    Sementara itu, Ketua KKN  Muhammad Muslim, mengatakan acara yang digelar dalam satu hari itu juga untuk mensosialisasi UU ITE dan gerakan anti hoax serta Go Green dengan mendatangkan narasumber Kapolsek Ambal dan Koramil Ambal.  "Kita juga sosialisasikan kepada masyarakat untuk dapat dan bisa memilah pada isu dan berita hoax agar masyarakat makin bijak bermedsos," katanya.

    Dia menambahkan, sosialisasi sebagai salah satu program kegiatan kuliah kerja nyata (KKN) IAINU Kebumen tahun 2018/2019.  Ada 10 mahasiswa yang tergabung dalam pelaksanaan itu. Adapun kegiatan yang dilakukan di Desa Peneket dalam kurun waktu selama 2 bulan itu telah digelar berbagai kegiatan diantaranya jalan sehat dan dolanan bocah hingga penanaman pohon.

    Kepala Desa Peneket, Hj Sodriyah, mengatakan pihaknya berterimakasih dan mengapresiasi kepada para mahasiswa KKN IAINU Kebumen yang telah banyak membuat kegiatan di desanya. "Kami berterima kasih, banyak kegiatan yang bisa mengedukasi kepada masyarakat dan warga kami, semoga kedepan lebih bermanfaat," pungkasnya. (saefur)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top