Honda GTR

  • Berita Terkini

    Senin, 03 September 2018

    Layani Warga, Pemdes Bejiruyung Luncurkan Ambulans Gratis

    istimewa
    KEBUMEN (kebumeneskpres.com)- Pemerintah Desa (Pemdes) Bejiruyung, Kecamatan Sempor melaunching layanan ambulans gratis bagi warga. Peluncuran  ambulans gratis  sekaligus sosialiasi manfaatnya dipusatkan di balai desa setempat, Minggu (2/9/2018).

    Hadir dalam kesempatan itu, Camat Sempor Supoyo beserta Muspika,  Dinas Sosial kebumen, TKSK Sempor,  Puskesmas 1 dan 2 sempor, Kepala Desa Sekecamatan Sempor serta kepala Desa Banjarsari Kecamatan Gombong, RS PKU Muhammadiyah Gombong, serta jejaring siaga Ambulans (Sibulan) baik dari Kebumen dan Kabupaten Banyumas.

    Turut pula hadir, rumah-rumah sakit terdekat seperti RS Palang Biru, RS Budi Waluyo, RS Purbowangi, serta PT MPS HM Sampoerna Sempor termasuk dari IEA Kebumen. Tokh agama, masyarakat juga hadir pada kesempatan tersebut.


    Kepala Desa Bejiruyung, Sofingi, menyampaikan, ambulans Desa Bejiruyung tak hanya melayani warga Bejiruyung dan desa-desa di Kecamatan Sempor. Ambulans ini juga dapat melayani masyarakat Kabupaten Kebumen.

    "Ini karena ambulans Desa Bejiriyung sudah  resmi bergabung dengan jejaring Sibulan atau siaga ambulan Kebumen pertanggal 2 September kemarin. Warga dapat memanfaatkannya setiap saat karena ambulans disiagakan 24 jam nonstop," kata Kades.

    Dia menambahkan, lahirnya layanan ambulans gratis berawal dari adanya surat dari Dinas Kesehatan Kabupaten Kebumen terkait bantuan dana stimulan sejumlah Rp 20 juta.  Kemudian, Pemdes Bejiruyung menganggarkan kekurangannya melalui APBDes hingga terwujud ambulans desa tersebut. Selain itu, banyak pihak telah membantu terwujudnya layanan ambulans gratis tersebut.  Baik BRI Sempor, PT MPS HM Sampoerna, RS PKU Muhammadiyah Gombong, juga jejaring Sibulan dan pihak lainnya.


    Kehadiran layanan ambulans gratis, lanjut Kades Sofingi, diharapkan menjadi jawaban terhadap masih adanya keterlambatan penanganan pada kasus-kasus kesehatan terutama ibu dan anak ke tempat pelayanan kesehatan seperti rumah sakit.

    Ini juga sebagai upaya pihak desa menyukseskan program layanan kesehatan pemerintah. "Dalam hal ini Ambulan Desa Bejiruyung minimal bisa membantu Puskesmas Sempor dalam menangani tanggap darurat, kecelakaan dan lain-lain. Karena saya yakin Puskesmas akan terasa berat dalam melayani sebanyak 16 desa atau 45.000 jiwa di wilayah ini," ujar Sofingi.

    Dalam pelaksanaannya, ambulan desa dikelola oleh masyarakat sendiri. Baik dari tokoh masyarakat, tokoh agama, bidan desa dan Forum Masyarakat Gerakan Bejiruyung Bersedekah yang beranggotakan para pemuda Karang Taruna itu.  "Ambulan desa adalah salah satu bentuk semangat gotong royong dan saling peduli sesama warga desa dalam sistem rujukan dari desa ke unit rujukan kesehatan yang berbentuk alat transportasi," tutur Sofingi.

    Seluruh pihak mengapresiasi diluncurkannya ambulans gratis Desa Bejiruyung.  Diharapkan, informasi ini bisa diketahui oleh seluruh warga yang pada gilirannya mereka bisa mendapatkan manfaatnya.  Bagi yang membutuhkan, bisa menghubungi nomor hotline 0823-8567-1116.(cah)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top