HONDA BEAT

  • Berita Terkini

    Jumat, 13 Juli 2018

    Verifikasi SKTM, PPDB online di Magelang Tertunda

    MAGELANG UTARA-PPDB Online SMA Kota Magelang yang sedianya akan diumumkan Rabu (11/7) pukul 10.00 terpaksa tertunda karena masih berlangsung verifikasi SKTM sampai pukul 22.00. "Kalau verifikasi lancar Panitia PPDB online SMA Provinsi Jateng akan diumumkan via web PPDB Jateng mulai pukul 24.00. Untuk pagi harinya Kamis (12/7) pukul 10.00 akan diumumkan serentak bagi calon siswa yang diterima di SMA Negeri se-Kota Magelang,"jelas Kepala Sekolah SMA Negeri 5 Magelang,

    Menurut Arif, SMA Negeri 5 Magelang untuk tahun pelajaran 2018/2019 menerima peserta didik baru dengan daya tampung sebanyak 313 siswa dengan perincian peminatan MIPA 158 siswa (miskin 19 siswa) dan IPS 155 siswa (miskin 34 siswa). "PPDB online melalui sistem zonasi diharapkan terjadi pemerataan percepatan pendidikan, tidak ada sekolah favorit tetapi yang ada semua sekolah unggul. Sehubungan dengan hal tersebut SMAN 5 Magelang di tahun pelajaran 2018/2019 berupaya menata diri menuju sekolah unggul untuk mewujudkan branding baru SMAN 5 Magelang sebagai sekolah Religius Berintegritas Berbasis Literasi, semula brandingnya SMAN 5 sebagai sekolah olahraga,"ungkapnya.

    Arif mengungkapkan sekolahnya memiliki kualitas lulusan yang ingin di capai sekolah sekolah religius berfokus kepada 4 hal yaitu : Berakhlak Mulia, Rajin Sholat, hafal Al-Qur’an Juz 30 dan gemar bersedekah. Bagi siswa non muslim menyesuaikan. Kualitas lulusan yang ingin di capai sebagai sekolah berintegritas berfokus kepada 3 hal yaitu memiliki pribadi Jujur, disiplin tinggi, dan berkarakter kuat.
    "Pada (1-2/6) lalu SMAN 5 Magelang menyelenggarakan Pesantren Kilat Ramadan Tempa
    Mental Religius Berintegritas. Kegiatan tersebut bekerjasama dengan sekolah dan beberapa Pondok Pesantren di lingkungan Magelang. Betapa pentingnya meningkatkan iman dan taqwa. Kita harus memiliki iman yang kokoh ( istiqomah, yakin, mahabbah ilallah wa Rasulullah, ikhlas, sabar, dan syukur). Juga harus memiki sifat taqwa (tawadu', amanah, qona'ah, waro'i, dan akhlakul karimah),"paparnya

    Harapan dari pihak sekolah agar materi diarahkan pada pembentukan kedisiplinan para siswa, menjadi pribadi jujur, berkarakter kuat, dan berakhlak mulia. Pengajian Ramadan oleh Ustadz H. Puji Raharjo dari Pesantren Grinsing Magelang, lomba Adzan santri putra dan lomba ceritera islami santri putri dipandu oleh Panitia, dilanjutkan sholat jum'at dan muhasabah diri sampai pukul 15.00. Di hari kedua pukul 08.00 diawali praktek manasik haji oleh Ustadz H. Nuryanto dari SMK Alam Secang Magelang, dilanjutkan perawatan jenazah bagi siswa kelas X oleh Ustadz H.Sholiqin dari Pondok Pesantren Islamic centre Izzatul Islam.
    "Kualitas lulusan yang ingin di capai sebagai sekolah berbasis literasi berfokus kepada 3 hal yaitu selain diisi dg aktivitas membaca dan menulis sbg literasi dasar, juga menginternalisasikan substansi literasi yaitu kemelekan terhadap informasi, mampu memilih dan memilah informasi yang bermanfaat dalam menambah ilmu pengetahuan, dan tidak terjebak ke dalam informasi yang bohong dan menyesatkan,"imbuh Arif.

    Sementara itu, pada (6-7/6) sebanyak 50 siswa telah mengikuti Pelatihan Penulisan Buku Populer dalam tajuk One Book one Student dengan menghadirkan nara sumber bapak Cucu Suryono, SE dari STDI (Solo Teacher Development Institute)."Alhamdulillah dari 50 siswa tersebut berhasil menyusun 8 buah buku yang sudah naik cetak,"ucapnya bangga.

    Sedangkan untuk menghadapi ajaran baru (26,28, 29/6) dan (11/7) Dewan Guru SMAN 5 Magelang telah mengikuti Bimbingan teknis penajaman kurikulum 2013 bertempat di Aula SMAN 5 Magelang dengan narasumber Dr Mulyadi, HP dari LPMP Provinsi Jawa Tengah. Selanjutnya ditindaklanjuti Rapat Kerja tanggal 9-10 Juli Tahun pelajaran 2018/2019 dengan agenda acara sosialisasi Gerakan Peduli Siswa (GPS) dengan narasumber Papa Riyadi, MPd. dari Pengawas Pembina SMP Kota Magelang, menerapkan Sistem Penjaminan Mutu Internal sekolah (SPMI), menyusun Rencana Kerja Sekolah (RKS) atau Rencana Kegiatan Jangka Menengah (RKJM) serta merealisaikan kebijakan mutu sekolah : "Sukses Berlaga Raih Juara". "Funa mewujudkan SMAN 5 Magelang sebagai sekolah Religius Berintegritas Berbasis Literasi,"tandas Arif dengan semangat. (hen)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top