BPJS

BPJS
  • Berita Terkini

    HONDA CRF

    Selasa, 12 Juni 2018

    Pemudik Sepeda Motor Dominasi Pantura

    Dedi Sulastro/Radar Brebes
    BREBES--Hingga H-4 lebaran, jalur pantura Kabupaten Brebes masih didominasi oleh pemudik yang menggunakan sepeda motor, Senin (11/6). Iring-ringan kendaraan roda dua dari berbagai luar kota nampak melintasi jalur utama Pulau Jawa tersebut.

    Pantuan di lapangan, selain dipadati kendaraan roda dua, jalur pantura Brebes juga dipadati bus yang membawa pemudik dari Jakarta. Meski begitu, arus mudik di pantura Brebes terpantau ramai lancar. Arus lalu lintas hanya tersendat di beberapa pasar tumpah karena adanya peningkatan aktivitas masyarakat lokal.

    Data Pospam Alun-alun Kota Brebes pada H-4 Lebaran menyebutkan, pada pagi hari (pukul 00.00 sampai 09.00) tercatat sebanyak 12.320 pemudik sepeda motor yang melintas di jalur pantura Brebes. Namun jumlah itu mengalami penurunan dibanding pada H-5 Lebaran atau Minggu (10/6) lalu, yang mencapai sebanyak 22.394 sepeda motor. Sedangkan untuk jumlah bus yang mengangkut pemudik mencapai 495 kendaraan. Jumlah itu sedikit mengalami peningkatan dibanding hari sebelumnya yang hanya sebanyak 407 kendaraan.

    Kepala Pospam Alun-Alun Kota Brebes, Ipda Puji Haryati mengatakan, arus mudik di pantura Brebes masih padat. Namun, dibanding dengan Minggu (10/6) lalu, jumlah tersbeut mengalami penurunan. Itu dimungkinkan lantaran kemarin merupakan hari libur. Sehingga banyak pemudik yang memanfaatkannya untuk pulang ke kampung halamannya.
    "Pantura Brebes dipadati oleh kendaraan pad ajam-jam tertentu. Yakni pad apagi dan sore hari. Sedangkan siang hari lebih banyak lenggang, sebab kebanyakan pemudik memilih waktu malam hari untuk berangkat mudik," katanya.

    Sementara itu, meski jalur Pantura Brebes relatif lancar, tetapi di titik pasar tumpah mengalami sedikit ketersendatan. Di Pasar Induk Brebes misalnya, arus lalu lintas sedikit tersendat karena banyaknya aktivitas masyarakat lokal yang berbelanja di pasar. Di samping itu, banyak juga warga yang menyeberang jalan sehingga arus kendaraan tersendat. Guna mengantisipasi hal itu, sejumlah petugas Polres Brebes dipantu anggota Pramuka ditempatkan di titik pasar Induk Brebes untuk mengatur penyeberang jalan.

    "Untuk mengantisipasi pasar tumpah, kita menyiapkan anggota kepolisian untuk mengtur arus lalu lintas di pasar tumpah tersebut. Sehingga, tidak ada kesemrawutan di jalur tersebut," ujarnya.

    Lebih lanjut dia mengatakan, meski saat ini cenderung menurun, tetapi diprediksi volume kendaraan yang melintas di Pantura Brebes akan mengalami peningkatan kembali pada H-2 Lebaran, atau Rabu (13/6) besok. Itu terjadi karena para pekerja pabrik di Jakarta mulai libur, sehingga mereka mulai melakukan perjalanan pulang kampung. "Kami prediksi jumlah kendaraan akan mengalami peningkatan besok, Rabu (13/6). Sebab, karyawan pabrik mulai libur pada Selasa (12/6)," lanjutnya.

    Sementara salah satu pemudik sepeda motor, Firmasyah, 30, mengaku, dirinya berangkat Bekasi setelah sahur, karena di jam-jam itu jalur lebih lenggang dan perjalanan lebih nyaman. Di sisi lain, nantinya saat tiba di kampung halaman bisa sore hari. "Dari Beksi sampai Brebes lancar. Namun ada beberapa titik yang macet karena adnay pasar tumpah, tapi tidak terlalu parah," pungkasnya.(ded/ism)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top