• Berita Terkini

    Monday, February 12, 2018

    HPN, Wartawan Kebumen Gelar Sarasehan Potensi Wisata

    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Sarasehan dengan tema Mendorong  Pertumbuhan Ekonomi Lokal  melalui  Pengembangan Desa  Wisata  di Kabupaten Kebumen, digelar di Pendopo Bupati Kebumen, hari ini, Selasa (13/2/2018). Sarasehan dalam rangka memeringati Hari Pers Nasional (HPN) 2018 ini digelar atas kerjasama Pemkab Kebumen dan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Kebumen.

    Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Setda Kebumen, Sukamto, menjelaskan pada sarasehan  kali ini  sengaja dipilih  tema desa wisata. Alasanya, karena begitu banyak potensi  wisata  desa  di kabupaten kebumen yang perlu  dikembangkan. Selain itu, kata dia, Pengembangan  desa  wisata juga menjadi salah satu  program unggulan  Kabupaten Kebumen.

    "Selain untuk meningkatkan gairah sektor  kepariwisataan,  juga untuk meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mengembangkan potensi wisata yang ada," kata Sukamto, Senin (12/2).

    Sebagai  narasumber, lanjut Sukamto, yakni Peneliti dari Pusat Studi Pariwisata UGM, Sotya Sasongko. Kemudian Pengelola Kawasan Hutan  Wisata  Pinus Sari RPH Mangunan  Bantul, Purwo Harsono. Serta pelaku  desa  wisata  Pantai Menganti, sekaligua Kepala Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah Basir.

    "Peserta sarasehan adalah para  OPD terkait , Camat,  pelaku desa wisata, insan pers, kalangan perguruan tinggi  serta stakeholder terkait," ujar mantan Camat Sadang ini.

    Dengan sarasehan itu, pihaknya berharap masyarakat akan semakin peduli, kreatif dan inovatif dalam mengelola desa wisata. Sehingga  desa-desa wisata di Kabupaten Kebumen semakin menarik dan menjadi daerah tujuan wisata yang kompetitif.

    Tak hanya itu, dalam sarasehan itu, Bagian Humas Setda juga membagikan souvenir kepada  peserta sarasehan berupa  buku  tentang Lawet  dan kaos branding Kebumen. 

    Sementara itu, berbagai rangkaian kegiatan HPN 2018 digelar di Kebumen. Diantaranya, ziarah ke sejumlah makam wartawan yang telah meninggal dunia pada Kamis (8/2) pekan lalu.

    Sejumlah makam mantan wartawan dikunjungi. Yakni makam almarhum Moh Sudjangi, wartawan Majalah Bina milik Perhutani, di TPU Desa Kutosari, Kecamatan Kebumen. Makam almarhum Goenawan Efendi, mantan wartawan Suara Merdeka, di Makam Sokarini Desa Kedawung, Kecamatan Pejagoan. Kemudian, ziarah dilanjutkan ke makam, makam terakhir yang dikunjungi adalah makam almarhum R Roendhayat mantan wartawan Kedaulatan Rakyat, di makam Desa Purwogondo, Kecamatan Kuwarasan.

    Kemudian pada Kamis (8/2) malam digelar malam tasyakuran di Balai Wartawan Kebumen. Kegiatan bakti sosial juga akan di gelar. Yakni pemberian santunan kepada penghuni Rumah Singgah Dosaraso, aksi bersih-bersih Pantai Suwuk dan Jalan Arungbinang Kebumen.(ori)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top