• Berita Terkini

    Monday, February 12, 2018

    SMKN 1 Karanganyar Resmikan Ritel Alfamart Class

    IMAM/EKSPRES
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- PT Sumber Alfaria Trijaya (Alfamart) kembali meresmikan program pendidikan ritel Alfamart Class. Kali ini kegiatan tersebut berlangsung di SMK Negeri 1 Karanganyar. Peresmian dilaksanakan dengan memotong pita oleh Kepala SMK Negeri 1 Karangayar Suyono SPd MPd, Senin (12/2/2018).


    Acara peresmian juga dihadiri oleh Kepala BP2MK Wilayah IV Magelang Sutego SPd ST MPd, People Development Manager Alfamart Agung S Prabowo, Regional Corporate Manager Alfamart Jateng DIY Muhammad Afran. Peresmian juga dihadiri oleh Pengawas SMK dari Dinas Pendidikan Kebumen. Sutego SPd ST MPd merupakan pihak yang merespon program Alfamart Class, sebagai inisiatif dari perusahaan swasta untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan Sumber Daya Manusia.

    Menurut Sutego, jika ada pengusaha yang memiliki kepedulian terhadap pendidikan di Kabupaten Kebumen maka hal itu patut untuk disyukuri. Selain itu Melalui kerja sama tersebut diharapkan lulusan SMK akan siap kerja, karena telah memiliki standar kompetensi yang dibutuhkan oleh industri.

    Sementara bagi Branch Manager Alfamart Anang Sani Setiawan adanya kurikulum ritel juga bisa menjadi alternatif yang bagus bagi siswa SMK. Sebab kurikulum tersebut arah karirnya pun sudah jelas, yakni lulusan SMK punya pilihan untuk bekerja langsung di industri ritel atau membuka usaha ritel secara mandiri.

    “Program ini diharapkan dapat menciptakan lulusan SMK siap kerja di lingkungan perusahaan, khususnya di industri ritel dengan beberapa kompetensi yang telah dimiliki,” tuturnya.

    Adanya program Alfamart Class, lanjutnya, perusahaan ingin menumbuhkembangkan minat masyarakat terhadap dunia ritel melalui proses pembelajaran ritel yang aplikatif. Tak hanya itu perusahaan juga ingin berpartisipasi dalam menciptakan keselarasan program pendidikan dengan kebutuhan dunia bisnis ritel melalui transfer knowledge dan praktik pembelajaran komprehensif.

    Adapun Kompetensi tersebut antara lain, softskill dalam penjualan, penguasaan produk, transaksi penjualan, administrasi penjualan, persediaan produk, pelayanan pelanggan, prosedur kerja, serta kerjasama tim.


    “Selain melakukan sinkronisasi program pendidikan, perusahaan juga akan menghibahkan laboratorium business center berupa mini toko Alfamart sebagai media praktik belajar siswa di sekolah. “Para siswa bisa langsung mengaplikasikan ilmunya disini” paparnya.

    Dalam kesempatan Agung S Prabowo menyampaikan, pada program Alfamart Class sekolah mendapatkan bantuan hibah, berupa peralatan, pemahaman dan beberapa produk Alfamart. Bantuan hibah tersebut merupakan bagian dari Corporate Social Responsibility (CSR) Alfamart. “Ini murni hibah, dan program di SMK Negeri 1 Karanganyar ini merupakan yang 196 untuk SMK di 40 wilayah di Indonesia,” terangnya.

    Kepala SMK Negeri 1 Karanganyar Suyono SPd MPd dan salah satu Pengawas SMK Dwi Eni Kuswati MPd mendukung penuh program Alfamart Class. Adanya program tersebut akan meningkatkan kompetensi siswa SMK. “Ini sangat baik, nantinya setelah selesai menempuh jenjang pendidikan mereka telah siapa bekerja, maupun membuka usaha mandiri,” ucapnya. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top