• Berita Terkini

    Wednesday, February 7, 2018

    Bupati Kebumen Luncurkan Empat Aplikasi Baru Pengganti Q-Men

    sudarnoahmad/ekspres
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Meski aplikasi Q-Men yang diluncurkan pada 17 Agustus 2016 lalu hingga kini tidak berjalan optimal. Namun, Pemkab Kebumen meluncurkan empat aplikasi untuk  mendukung penyelenggaraan pemerintahan berbasis teknologi informasi dan komunikasi (e-government).

    Empat aplikasi yang diluncurkan oleh Bupati Kebumen tersebut yakni aplikasi Simral, e-kinerja, e-letter dan e-presence. Peluncuran tersebut dilakukan di Pendopo Rumah Dinas Bupati Kebumen, Selasa (6/2/2018).

    Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Kebumen, Cokroaminoto, menjelaskan aplikasi Simral merupakan kependekan dari Sistem Informasi Manajemen Perencanaan, Penganggaran dan Pelaporan (Simral). Aplikasi ini merupakan sebuah sistem yang dibangun dalam rangka mengintegrasikan penerapan perencanaan pembangunan.

    Dengan Simral pelaksanaan musrenbang mulai dari tingkat desa/kelurahan, kecamatan sampai dengan tingkat kabupaten dapat terintegrasi dengan baik. "Selain itu, input data, pencatatan data dan pengolahan data hasil musrenbang dapat terakomodir dan tersimpan dengan baik," kata Cokroaminoto.

    Kemudian aplikasi e-Letter, merupakan aplikasi tata naskah dinas elektronik. Yakni, tata naskah dinas elektronik dirancang dengan sistim otomatisasi, agar lebih efektif, efisien, terencana dan akuntabel.

    Selanjutnya, aplikasi e-Kinerja merupakan sistem dengan indikator kinerja. Sistem ini menggunakan pendekatan positif dalam penetapan indikator kinerja, identifikasi kinerja dan bagaimana menerapkan pada masing-masing jabatan. "sistem ini bisa menjamin output kinerja setiap PNS. Pegawai yang menunjukkan kinerja baik akan mendapatkan reward berupa tunjangan lebih," terangnya.

    Sedangkan, aplikasi e-Presensi bertujuan untuk meningkatkan disiplin, optimalisasi kinerja serta peningkatan pelayanan dan terwujudnya profesionalisme ASN di lingkungan Pemkab Kebumen

    "Aplikasi ini nantinya akan bisa diakses melalui sistem aplikasi Android. Terobosan berbasis tehnologi akan siap digunakan pada setiap sistem pada masing masing OPD," imbuhnya.

    Dalam sambutannya, Bupati Mohammad Yahya Fuad, menyampaikan diluncrukannya empat aplikasi tersebut untuk mendorong upaya peningkatan efektivitas dan efisiensi penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat. "Upaya Pemerintah Kabupaten Kebumen untuk meningkatkan kapasitas dan inovasi. Juga sebagai langkah penting dalam pengembangan e-Government," kata Yahya Fuad.

    Yahya Fuad, mengungkapkan pengembangan e-Government diantaranya bertujuan memberikan efisiensi dan sinkronisasi antara perencanaan dan penganggaran. Selain itu juga untuk menyederhanakan birokrasi pelayanan publik sehingga akan memudahkan dan mempercepat proses pelayanan.

    "Aplikasi ini diharapkan dapat one-stop-service bagi  keperluan bisnis dan memberikan jaminan kecepatan respon terhadap keluhan dan kebutuhan pengguna. Serta mewujudkan pemerintahan yang bersih, efektif, transparan, dan akuntabel serta pelayanan publik yang berkualitas dan terpercaya," bebernya.

    Hadir pada launching itu, Plt Sekda Mahmud Fauzi, para Asisten Sekda, dan pimpinan OPD di lingkungan Pemkab Kebumen.(ori)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top