• Berita Terkini

    Sunday, January 28, 2018

    Purworejo Alami Krisis PNS

    PURWOREJO - Krisis Pegawai Negeri Sipil (PNS) menghantui Pemkab Purworejo menyusul adanya gelombang  pensiun yang cukup besar pada tahun 2018 ini. Terlebih, sejak 2011 hingga saat ini tidak dilakukan rekrutmen CPNS baru.

    Hal itu dikemukakan Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Purworejo, drg Nancy Megawati Hadisusilo MM saat dimintai konfirmasi, kemarin. Dikatakannya, tahun 2018 ini ratusan PNS di lingkungan Pemkab Purworejo memasuki masa pensiun.

    “Tahun ini saja hingga akhir tahun ada sekitar 479 PNS yang memasuki masa purna tugas. Belum tahun-tahun sebelumnya yang jumlahnya juga cukup banyak,” kata Nancy Megawati.

    Lebih lanjut dikatakannya, untuk memenuhi kebutuhan PNS lanjut Nancy Megawati Hadisusilo, sinyal untuk perekrutan PNS baru dari Badan Kepegawaian Negara (BKN) seta Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Feformasi Birokrasi (KemenPAN-RB)  tahun ini akan dimanfaatkan, dan Purworejo berencanakan mengusulkan sekitar 400 CPNS baru.

    Menurutnya, untuk Purworejo idealnya memiliki sekitar 11.493 PNS dari tingkat Pemkab hingga kelurahan. Namun seiring dengan banyaknya PNS yang memasuki masa pensiun, dan setelah sekian tahun tidak ada perekrutan CPNS baru maka Pemkab Purworejo semakin banyak berkurang jumlah PNS.

     “Hingga saat ini Pemkab Purworejo memiliki 8.682 PNS. Dari jumlah itu 479 diantaranya, tahun ini memasuki masa pensiun,” katanya.

    Dengan terbatasnya jumlah PNS ini lanjut Nancy Megawati Hadisusilo, selama ini Pemkab memaksimalkan PNS yang ada dengan mengedepankan teknologi informasi (TI). Bahkan beberapa diantaranya rangkap jabatan dengan pelaksana tugas.(luk)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top