• Berita Terkini

    Sunday, January 28, 2018

    Purworejo Terus Berbenah Poles Wajah Kota

    FOTOLUKMANHAKIM/PURWOREJOEKSPRES
    Bersiap Sambut Kehadiran Bandara NYIA

    Medio dua tahun terakhir, Pemerintah Kabupaten Purworejo dibawah komando Agus Bastian SE MM terus melakukan bersiap menyambut kehadiran Bandara New Yogyakarta International Airport (NYIA) di Kulonprogo. Pembenahan tersebut dimulai dari pusat kota. Seperti apa?
    --------------------------
    LUKMAN HAKIM, Purworejo
    -------------------------

    Eksekusi penataan wajah kota Purworejo telah dimulai sejak awal tahun 2017. Adanya kegiatan itu diarahkan untuk menangkap berbagai peluang yang datang seiring adanya New Yogyakarta International Airport (NYIA) di Kulonprogo. Dan penataan tidak akan berhenti, setidaknya dalam tahun ini, kegiatan akan tetap diselenggarakan dan mulai menyasar kawasan pinggiran.

    "Wajah kota sudah mulai kita poles. Ini belum selesai karena akan dilanjutkan tahun ini. Tapi kita juga mulai menggarap pinggiran utamanya yang ada di wilayah selatan," kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Purworejo Pram Prasetya Ahmad, Jumat (26/1).

    Dua kegiatan utama di dalam kota yang meliputi penuntasan penataan Alun-alun Purworejo serta penyelesaian pembangunan tahap kedua Romansa Kuliner Purworejo diharapkan akan bisa mempercantik wajah kota. Dalam tahun kemarin juga, Pemkab sudah sedikit memoles perwajahan pintu masuk wilayah kota di kawasan Borokulon, Kecamatan Banyuurip dengan meningkatkan keberadaan penanda batas kota.

    "Kita sudah harus memikirkan penataan di wilayah selatan. Ini menjadi wilayah yang paling dekat dengan Kulonprogo. Setidaknya dalam tahun ada kegiatan penataan di perbatasan serta pertigaan Bagelen yang patung kambing dan durian itu," jelas Pram Prasetya.

    Lebih jauh Pram mengatakan jika pihaknya memang telah melakukan berbagai perencanaan menyangkut kawasan selatan Purworejo. Hanya saja selama ini masih dilakukan sendiri.

    "Purworejo tidak mungkin melakukan sendiri penataan di Purworejo. Karena adanya bandara internasional itu, Purworejo menjadi salah satu pintu utama masuk Jawa Tengah. Makanya kita minta bantuan dari Pemprov untuk hal ini," jelas Pram.

    Kedatangan Gubernur Jawa Ganjar Pranowo, Kamis (25/1), dimana Kepala Bappeda Jateng Jarwanto menjadi salah satu kepala dinas yang mengiringi, dimanfaatkan untuk melakukan komunikasi terkait hal itu. Dirinya telah mengungkapkan segala unek-uneknya dan mendapat respon yang baik dari Bappeda Jateng.

    "Kami rencananya akan menindaklanjuti dengan melakukan pertemuan dengan Bappeda Jateng. Saya sudah menyiapkan tim khusus yang terdiri dari berbagai unsur OPD di Purworejo untuk itu," imbuh Pram.

    Dijelaskan Pram, dasar perencanaan di Kabupaten Purworejo tidak semata-mata berasal dari dalam saja, namun nanti juga akan mengacu dari kajian dan aturan yang ada di Jawa Tengah.

    "Bandara di Kulonprogo itu levelnya sudah nasional, dan tentu disini kita tidak bisa sendirian," katanya.

    Selain dengan pihak Pemprov Jateng, Pram juga telah ancang-ancang mengadakan koordinasi lebih jauh dengan Angkasa Pura. Hubungan yang terjalin selama ini barulah sebatas komunikasi terbatas.

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top