• Berita Terkini

    Sunday, December 17, 2017

    Stadion Moch Soebroto Magelang Siap Jadi Markas PSIS

    foto : wiwid arif/magelang ekspres
    MAGELANG UTARA – Rencana tim promosi Liga 1 Indonesia, PSIS Semarang menjadikan Stadion Moch Soebroto sebagai markas sementara semakin dekat. Ini setelah manajemen PSIS memberitahu pihak pengelola stadion, terkait wancana tersebut.”Iya benar, ada yang telepon saya dari Manajemen PSIS Semarang. Mereka sebatas tanya hal standar seperti keterangan prosedur pemakaian dan lainnya,” kata Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPU-PR) Kota Magelang, Crisatrya Yonas Nusantrawan Bolla, Jumat (15/12/2017).

    Yonas pun menyarankan kepada perwakilan manajemen PSIS yang menelponnya itu untuk segera mengurus surat resmi. Sebab, dengan bukti tertulis maka proses mekanisme penggunaan stadion dapat segera ditindaklanjuti.

    ”Kami tanggapi positif langkah itu dan saya katakan sebaiknya membuat surat resmi,” jelasnya.

    Ia menjelaskan, surat resmi akan dijadikan acuan untuk dilakukan pengkajian terkait banyak hal. Surat ini pula yang nantinya dapat dijadikan dasar untuk berkoordinasi dengan Walikota Magelang, Sigit Widyonindito selaku kepala daerah.

    ”Kami sarankan juga ke manajemen PSIS agar ada audiensi. Karena ini perlu untuk kita bisa mengetahui maksud dan tujuan penggunaan stadion. Tentunya juga kami ingin tahu alasan dipilihnya Stadion Moch Soebroto sebagai tempat pertandingan kandang PSIS,” katanya.

    Tak kalah penting, lanjut Yonas, yaitu verifikasi yang dilakukan PSSI terhadap Stadion Moch Soebroto. Hal ini terkait kelaikan stadion kebanggan warga Magelang itu jika digunakan untuk pertandingan Liga 1 Indonesia.

    ”Verifikasi kan melihat semua aspek, apakah stadion yang kami miliki ini memang benar-benar sesuai standar yang ditetapkan untuk Liga 1 atau belum. Ini juga penting, karena kami tidak ingin gegabah dan tentunya mengutamakan kenyamanan semua pihak,” jelasnya.

    Meski harus melalui verifikasi, Yonas optimis stadion berkapasitas 15.000 penonton ini laik menjadi tempat pertandingan liga kasta tertinggi di Indonesia ini.

    Terlebih, sekarang sudah terpasang dua tiang lampu penerang lapangan, sehingga genap menjadi empat tiang.

    ”Lampu sudah terpasang, sehingga lapangan bisa untuk pertandingan malam hari. Dalam waktu dekat kami akan uji coba lampu baru ini untuk mengetahui kesiapannya. Dari fasilitas lain saya kira tidak perlu diragukan lagi, intinya Kota Magelang siap menjadi homebase PSIS,” ungkapnya.

    Sementara itu, Walikota Magelang, Sigit Widyonindito mengaku jika sampai saat ini memang belum ada surat yang masuk ke pihaknya menyangkut rencana penggunaan stadion. Namun, ia sangat mendukung rencana itu. Diharapkan ke depan, stadion kebanggaan warga Magelang ini bisa menyajikan pertandingan dan pemain-pemain ternama di kancah sepakbola Tanah Air.

    ”Tapi saya sarankan supaya ada komunikasi terlebih dahulu, menyangkut semua aspek. Termasuk keamanannya harus menjadi prioritas,” pungkasnya. (wid)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top