• Berita Terkini

    Sunday, December 17, 2017

    Rutan Kebumen kini Punya Masjid Baru

    IMAM/EKSPRES
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)-Setelah memakan waktu dua bulan, akhirnya pembangunan Masjid At Taubah Rumah Tahanan (Rutan) Kebumen, akhirnya rampung. Atas terselesaikannya pembangunan tersebut, Rutan Kebumen pun menggelar tasyakuran dengan acara makan bersama dengan para warga binaan.

    Acara makan bersama digelar di Rutan Kebumen bersama dengan para tukang yang bertugas membantu pembangunan masjid. Dengan adanya masjid tersebut diharapkan para warga binaan akan semakin nyaman untuk melaksanakan ibadah.

    Dalam sambutannya, Karutan Kebumen Soetopo Berutu Amd IP SSos MS menyampaikan ucapan terima kasih kepada  para warga binaan yang telah membantu membangun masjid. Dengan telah jadinya masjid diharapkan para warga binaan dapat memanfaatkan dengan baik. “Setelah selesai dibangun, mohon dijaga kebersihannya dan digunakan sebagaimana mestinya,” tuturnya, Sabtu (17/12/2017).

    Dijelaskannya, awalnya masjid dibangun secara swadaya, beruntung akhirnya rutan mendapat bantuan dari Pemkab Kebumen untuk membangun mushola. Semua bantuan yang diberikan dalam bentuk uang tersebut, digunakan untuk membeli material. Adapun yang membangun adalah para warga binaan. “Semua bantuan digunakan untuk membeli material, adapun untuk tukang bangunan mengambil dari para warga binaan. Kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu,” paparnya.

    Soetopo menjelaskan,  pendekatan agama sangat penting bagi warga binaan. Dengan beribadah dan mendekatkan diri kepada tuhan, maka hari manusia akan menjadi lunak.  Setelah hati tidak lagi keras maka manusia akan mampu menyesali semua kesalahannya. “Pendekatan agama juga sangat efektif untuk menciptakan suasana rutan menjadi kondusif,” terangnya.

    Dalam kesempatan tersebut,Soetopo juga menyampaikan keinginannya untuk meminta bantuan kepada pondok pesantren yang ada di Kebumen. Adapun bantuan yang diinginkan yakni ceramah agama untuk para warga binaan. Jika memungkinkan, rutan juga sangat berharap jika ada seorang ustadz yang mau secara sukarela mengajar di Rutan Kebumen. “Kami telah meminta kerja sama dengan beberapa pihak, namun terkadang beberapa ustadz tampaknya tidak sempat mengajar,” katanya.

    Soetopo meyakini bahwa para warga binaan sebenarnya hanyalah manusia biasa yang sempat tersesat di jalan yang tidak benar. Dengan bimbingan yang tepat maka mereka akan mampu kembali ke jalan yang benar. “Untuk itu kami meminta bantuan kepada para pondok pesantren di Kebumen, agar ada ustadz untuk mengisi ceramah dan mengajari cara membaca Al Quran,” ucapnya. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top